Ciri-Ciri Orang Bermental Gratisan





Tidak bisa dipungkiri, segala sesuatu yang gratisan itu memang nikmat. Yang diskon saja diburu, apalagi yang gratis.

Hanya orang berduit selangit yang nekat menolak barang gratisan. Juga orang yang malu-malu tapi mau dan gengsian.

Selebihnya, mau-mau saja menerima. Wong gak perlu keluar biaya.

Tapi ada perbedaan antara orang yang suka gratisan dan orang bermental gratisan. Masalahnya, mereka sering nggak tahu apakah termasuk hanya suka sesuatu yang gratis atau terlalu ngebet mengejar barang gratisan tersebut.

Ini penting untuk diketahui, lho. Sebab, orang yang bermental gratisan itu bisa malah ujungnya nyusahin. Apalagi jika mereka gak sadar memiliki ciri orang bermental gratisan.

Berikut ini ciri-ciri orang bermental gratisan:

1. Tidak  peduli kata orang, yang penting gratis

2. Sok akrab biar dikasih gratisan terus

3. Tidak sensitif ketika disindir cari gratisan terus

4. Pelit, lebih sering cari gratisan ketimbang keluar duit

Ada nggak di antara poin-poin di atas yang kamu punyai? Semoga tidak ya. Dengan menjadi orang yang bermental gratisan, kita menjadi orang yang nggak bisa menghargai jerih payah orang lain.

Malah kalau bisa kita menolak barang gratisan dari bisnis keluarga atau teman. Misalnya dikasih tas handmade teman. Sebaiknya kita beli saja, sebab itu sama saja dengan mendukungnya untuk terus memajukan bisnis.

Kalau malah minta diskon, bahkan gratis, duh. Kalau dia temannya banyak, bisa rugi bandar semuanya minta diskon. Mending menjadi penyuka gratisan saja.

Ambil yang gratisan bila memang memungkinkan. Tapi kalau tidak, ya nggak apa-apa keluar duit. Asalkan pengeluaran itu sudah diperhitungkan dengan saksama.

Dikuti: duitpintar.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.