Rahasia Bisnis Orang Jepang.



Ea ea ea :v    . . . . Hellow meeennn.😰😱
Lu pasti pengen sukses kan? Pengen jadi jutawan ? Pengen kaya raya, kemana-mana naik mobil mewah, bisa beli ini beli itu beli semua. . . Wkwkkwkw.



Lanjut meen, gue akan kasih tau gimana caranya biar sukses versi orang jepang. Tau kan negeri sakura itu maju banget, pasti lu pengen tau gimana rahasianya. Daaan lu pasti pengen mempunyai kekayaan seperti orang jepang. Disini akan gue jabarkan Rahasia-Rahasia Kesuksesan orang jepang men.

Langsung cekidot meen, saran gue baca dengan sepenuh hati kalau ingin sukses, kalau lu pengen sukses tapi males baca, mending gak usah baca men, ngoahahaha.

Seperti dekspripsi blog gue, sukses pun tidak terjadi secara instan. So, segala sesuatu perlu pembiasaan.

Ini dia formula ampuh kesuksesan orang jepang . . .

Dimulai dari

1. Nilai Hidup Orang Jepang.

Kesuksesan orang jepang terletak pada perilaku hidup mereka yang cepat beradaptasi dengan keadaan.

Terbukti setelah bom atom meledak di jepang tahun berapa itu gue lupa men, xixixixxi, semua pakar ekonomi memprediksi bahwa jepang akan mengalami kebangkrutan yang sangat drastis.

Tapi buktinya apa? Setelah kejadian itu kurang dari kurun waktu 20 tahun jepang mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan di bidang teknologi pun jepang mampu menyaingi negara adigdaya yang menyerangnya, amerika.

Sampai saat ini pendapatan tahunan jepang berada tepat di belakang jajaran negara-negara besar dunia tersebut, dengan kekurangan fisik tenaga kerja, rawan bencana, dan tidak fasih berbahasa inggris tidak menghalangi mereka menjadi bangsa yang di hormati dunia, ini fakta yang mengejutkan meen.

Ann Wang Seng menyingkap gaya hidup, gaya bekerja, semangat hidup serta prinsip hidup yang serba kekurangan setelah terjadi pengeboman mampu mengubah cara berpikir mereka untuk maju.

Dengan membaca tulisan ini lu mampu berubah dan berpikir kreatif, seperti pepatah jepang    "mereka yang mampu mendaki gunung fuji pantas di sebut orang bijak, tapi jika dia mendaki yang kedua kalinya layak disebut bodoh."

2. Jiwa Besar Dan Impian

Bangsa jepang tidak memiliki budaya dan sumber daya alam yang di banggakan, orangnya pendek, dan segunung kekurangan lainnya, tapi tidak menjadikan orang jepang yang pesimis gaes.

Dengan segala kekurangan yang dimiliki orang jepang malah menjadikannya cambuk bagi dirinya untuk merubahnya menjadi lebih baik dan maju lagi.

Faktor utama kesuksesan orang jepang merubah gaya hidup, gaya kerja, sistem etika, pengelolaan yang bagus dan sistematis, dan bekerja keras tanpa mengenal arti kelelahan.

Sebenarnya formula kesuksesan orang jepang ini sudah umum bukan rahasia lagi, tapi semua terletak pada diri kita, apakah mau mempraktikannya atau hanya sekedar membaca dan memahami saja, toh perubahan terjadi bukan karena keadaan negara tapi tetap pada tangan kita.

3. Kebangkitan Bangsa Jepang.

"Jepang di akui sebagai negara termaju, dan menjadi pengendali negara-negara industri"

Yang menyebabkan bangsa jepang maju dengan sangat pesat karena mereka mempunyai prinsip yang patut kita contoh.

Bangsa jepang sangat sulit menerima kekalahan, kegagalan bukan berarti mati, kegagalan bisa di tebus kembali dengan kemenangan di bidang lain, jika kalah, mereka mau kalah dengan penuh harga diri.

Mereka tidak mau di hina, lebih baik mati dari pada menjadi bangsa yang di hina dan terhina. Seperti kisah samurai yang akan melakukan harakiri atau menusuk perut nya sendiri akibat dari kekalahan yang di terima akibat dalam pertarungan.

Sikap positif orang jepang :

> Tidak mudah menyerah
> Tidak takut pada cobaan dan kesusahan
> Selalu menjaga harga diri
> Orang jepang pandai memanfaatkan sumber daya alam yang ada
> Bekerja dengan sungguh-sungguh.

Kesimpulannya meeen, lu gak usah menyerah dengan satu dua atau bahkan seribu kegagalan yang lu alami, justru jadikanlah tombak buat diri lu sendiri untuk bangkit lagi di bidang lain.

4. Bagaimana Jepang Menjadi Nomor Satu.

"Hasil pertanian jepang merupakan yang tertinggi di dunia"

Berbeda dengan Indonesia, bangsa jepang sangat sedikit sekali sumber daya alamnya, tapi mereka memaksimalkan sumber daya alam yang ada dengan semaksimal mungkin.

Pertanian di jepang menjadi nomor satu karena mereka tidak menyisakan lahan tanah sejengkalpun, bahkan di depan rumah mereka di tanami padi. Karena ketatnya lahan di jepang yang bergunung-gunung justru menjadikan mereka lebih bersemangat lagi.

Bahkan bahan seperti hasil bumi mereka import dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidup mereka.

Oleh sebab itu mereka tidak boros dalam pemakaian segala bentuk dan jenis kekayaan yang mereka dapatkan, entah itu uang, atau apapun pokoknya mereka sehemat mungkin.

Rahasianya gini gaes :
- mereka itu disiplin waktu (tidak suka menunggu ketidak pastian)
- mempunyai semangat bushido
- keajaiban jepang bukan karena sulap
- mereka itu gaes, tidak menunggu peluang datang, so mereka menciptakan sendiri peluang itu.

5. Mengapa Tidak Seperti Jepang

Menjelang tahun 1978 gaji pekerja karywan sangat tinggi di bandingkan dengan negara AS dan berkali-kali lebih tinggi di bandingkan negara-negar asia.

Mengapa Hongkong, Taiwan, Thailand bahkan Indonesia sendiri tidak seoerti Jepang?

Karena pekerja negara tersebut sangat berbanding terbalik dengan negara jepang. Di negara matahari terbit pekerjaan 15 orang di indonesia dapat di kerjakan 3 orang saja, contohnya pembangunan jalan di kampung yang rusak, dari mandor pengelolaan dana, pengarahan, musyawarah, dan tetek bengek lainnya di jepang cukup di kerjakan 3 orang saja.

Mereka bekerja baru di bayar sesuai hasil kerjanya, sementara di indonesia bayar dahulu lalu kerja kemudian, bayaran tidak sesuai demo perusahaan ramai-ramai. Kan kamvret.

Sedangkan di jepang kerja lembur tidak di bayar tidak jadi masalah, yang penting prestasi hasil kerjaan membanggakan, dan itu mengapa mereka di gaji tinggi.

Dalam kurun sembilan hari orang jepang sudah bisa menghasilkan mobil, tapi bafi pekerja AS dan negara lainnya butuh waktu empat puluh dua hari bekerja untuk mendapatkan mobil.

Inilah yang membedakan gaji pekerja jepang dan negara lainnya, karena mereka bekerja bukan menuntut gaji, tapi membuat prestasi pekerjaan yang berkualitas, tidak di pungkiri jika produk-produk keluaran jepang sangat mahal harganya.

Beberapa produk jepang yang menjadi unggulan kelas dunia :
A. Jam tangan
B. Kendaraan bermotor
C. Perangkat listrik
D. Kapal
E. Tekstil

6. Organisasi Jepang

Dalam organisasi jepang setiap anggota tingkat atas, tengah maupun bawah memiliki peran yang sama.

Dalam mengerjakan sebuah pekerjaan tidak ada batas yang menghalangi, berbeda dengan gaya kerja barat, seakan-akan ada jurang pemisah antara atasan dan bawahan, sedangkan di jepang bawahan dan atasan mempunyai hubungan seoerti keluarga. Ini patut di contoh meen, gak ada bos tai tetap menghormati atasan, tapi sama-sama bekerja keras.

Keistimewaan sistim organisasi Jepang :

> Memberikan kesempatan pengelolaan kepada pengelola organisasi.
> Hubungan antara atasan dan bawahan mempunyai hubungan interpersonal yang sangat kuat.
> Meningkatkan prestasi dan hasil.

Dalam organisasi jepang, pengelolaan di mulai dari bawahan, sikap terus terang mengurangi konflik antar pihak pengelola atasan dan bawahan, Tim kerja merupakan pondasi dasar dalam organisasi jepang.

7. Seni Pengelolaan Jepang.

Bangsa jepang lebih mengaitkan diri mereka sebagai anggota organisasi dan perkumpulan tertentu dalam memperkenalkan diri.

Biasanya orang akan memperkenalkan diri dari identintas asli nama sendiri, asal kelahiran atau keturunannya, berbeda dengan jepang. Mereka lebih memperkenalkan sebagai anggota organisasi atau perkumpulan tertentu.

Semangat yang di tanamkan dalam diri bangsa jepang adalah semangat kebersamaan, semangat kebersamaan ini sangat kuat tertan am didalam diri bangsa sakura tersebut.

Jadi segala sesuatu keputusan itu di ambil dari hasil keputusan bersama dalam organisasi bukan keputusan pribadi orang. So membanggakan diri dalam banhsa ini gak ada men. Tanamkan ini.

Karena kebanggaan atau kesombongan bahwa ini adalah hasil karyaku atau apapun yang membanggakan diri tidak akan dapt membuat lu berubah dan maju.

Organisasi jepang sangat menghargai pendapat setiap anggotanya, apapun yang di keluhkan anggota organisasi akan terpenuhi, seperti tuntutan gaji, kesjahteraan keliarga dan lain sebagainya, dengan begitu mereka akan bekerja lebih cepat dan rela mengganti waktu istirahat untuk bekerja.

Penting :
+ Pengelolaan organisasi jepang menitikkan beratkan kepada kepada kepentingan setiap anggota.
+ Senantiasa melakukan dialog
+ Tidak melakukan keputusan secara sewenang-wenang.

Kemauan banhsa jepang menjadi hamba organisasi menjadikan negara tersebut penguasa besar di bidang ekonomi dan industri.

Bagi jepang individu tidak penting jika di bandingkan dengan organisasi atau perkumpulan.

8. Budaya Kerja Bangsa Jepang.

Bangsa jepang di kenal sebagai banhsa terproduktif di dunia, mereka bekerja tanpa mengenal lelah, bosan atau putus asa.

Setelah terjadi reruntuhan pengeboman nagasaki dan hirosima tidak heran jika bangsa ini mampu berkembang lebih pesat dari bangsa lain karena di dasari dengan orang yang memang bekerja keras.

Bukan semangat loyo yang bekerja sebentar terus minta gaji gede meeen, sedikit-sedikit mengeluh, usaha sebentar cepat putus asa, itu bukan lah budaya bangsa yang maju. Contoh jepang men . . .

Karakter dan budaya kerja keras merupakan faktor yang menjadikan bangsa ini maju dalam bidang ekonomi dan industri, tidak memandang jabatan sebagai atasan dan bawahan tidak penting, etos kerja serta semangat kebersamaan yang tinggi yang paling penting. Orang jepang mau lembur meski mereka tidak di gaji.

9. Mengelola Bisnis Cara Jepang.

Dalam mengelola bisnis bangsa jepang harus mengetahui lebih dulu keadaan, adat dan budaya bangsa lain yang akan di jadikan partner bisnis.

Langsung saja ke intinya kawan, dalam mengelola bisnis cara jepang mereka menggunakan metode ini.

Pertama, pelajari lebih dulu bagaimana cara mengawali hubungan yang baik dengam perusahaan.

Kedua, ketahui dengan pasti bagaimana memupuk dan menjaga hubungan kerja yang sudah terjalin.

Ketiga, jangan melakukan hubungan komunikasi dengan surat-menyurat, lakukan pergemuan langsung dengan orang yang mau di ajak bisnis, agar mereka tahu keadaan emosi dan masyarakat setempat, agar terjalin hubungan yang harmonis.

Itulah gaes, cara ampuh yang mungkin bisa kalian faktakan atau kalian wujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan hanya mengelih setelah melakukan pekerjaan yang belum seberapa di bandingkan pekerjaan orang jepang.

Mereka mau bekerja lembur meski tidak di gaji, kalau lu gimana? Mau gak? Kalau gue Ya jelas enggak lah soalnya gaji mereka sebanding dengan kerjanya, dari atasan sampai bawahan tidak ada bedanya, mereka dapet gaji besar karena hasil kerjanya memuaskan, lha kita.

Kerja mati-matian tapi atasan kita gak pernah meduliin hasil kerjaaan kita, yang penting bos kita untung, ini kan gak fair. Bedanya disini meeen negara kita dengan yang lain.

Gue harap lu bisa jadi seorang leader, bukan bos. Yang bisanya cuma merintah tanpa mempertimbangkan hasil kerja kita. Seperti orang jepang, kerja tim lebih penting untuk menghasilkan karya terbaik dan menuai untung besar.

Sekian dari saya, semoga kita dapat mencontohnya dan menjadi sukses bersama, bukan sukses sendiri. Daaaaa. 😨😪😪😪

Kalau sudah sukses jangan lupa sedekah sob.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.