37 Peluang Bisnis Online yang Nikmat & Empuk bagi Orang Indonesia



Durencity-"Anda tidak mungkin bisa mengatur arah angin, tapi Anda selalu bisa mengendalikan posisi layar perahu Anda, sehingga bisa tiba ditempat tujuan yang diinginkan”
Suatu perkataan yang benar dan bijaksana sekali, dan dari 100 orang sukses yang saya temui, semua (100%) sangat setuju dengan perkataan di atas. Oleh karena itu sahabatku, masalah apapun yang masing masing dari kita hadapi sehari hari, pasti bisa kita siasati jika kita mau mencari solusinya.

 Anda harus menjadi lebih besar dari masalah itu, sehingga masalah yang ada di depan Anda akan terlihat kecil. Sebaliknya, jika Anda lebih kecil dari masalah tersebut, maka masalah yang di depan mata Anda akan terlihat sangat besar dan mungkin tidak dapat diatasi. Kita semua menyadari bahwa harga barang kebutuhan pokok makin hari makin naik, biaya bulanan seperti listrik, air, telpon juga selalu menanjak.

 Ditambah lagi biaya pendidikan, transportasi juga makin tinggi. Keamanan pekerjaan juga hampir tidak ada, bahkan makin banyak perusahaan sudah menerapkan sistem kontrak kerja, jadi karyawan tetap juga sudah menjelang punah. Bagi pebisnis, kondisi juga makin ketat, karena saingan makin banyak, sedangkan daya beli makin menurun. Mau tidak mau semua dari kita harus mencari alternatif atau penghasilan tambahan. Bagi yang memiliki modal lebih (di atas Rp.50juta), mereka akan mulai mencari instumen instrument investasi, misalnya bisnis, option, saham, reksadana, forex, property dan lain lain.

 Tapi, pemilik modal juga harus hati hati, karena jika tidak dilengkapi dengan pengetahuan dan keahlian tertentu, karena kalau salah maka modal juga bisa hangus seketika, oleh karena itu para pemilik modal juga harus mau belajar strategi dan teknik untuk memilih investasi yang tepat, agar modal lebih aman dan tidak hangus terbakar. Lalu bagaimana jika hanya memiliki modal kecil, dan hanya memiliki sedikit waktu untuk mengerjakan kegiatan alternatif untuk menambah penghasilan? Apakah ada solusi?

Tentu saja ada. Dan ini adalah alasan utama saya menulis ebook ini untuk Anda. Coba Anda bayangkan sejenak!
 Jika Anda hidup 100 tahun yang lalu di zaman dimana :
 • belum ada komputer
 • belum ada internet, email, etc
 • belum ada handphone
 • belum ada radio
 Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencari penghasilan tambahan?
 Jawaban:
 1. Bekerja pagi sampai sore + bekerja malam sampai pagi
 2. Suami dan istri masing masing bekerja untuk menambah penghasilan bulanan 

Sekarang Anda hidup di zaman yang berbeda:
 o sudah ada computer & notebook
 o sudah ada internet, email, 3G, GPRS, wifi, etc
 o sudah ada handphone
 o sudah ada radio FM, AM, etc
Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencari penghasilan tambahan?
 Jawaban masih:
1. Bekerja pagi sampai sore + bekerja malam sampai pagi?
2. Suami dan istri masing masing bekerja untuk menambah penghasilan bulanan?

 Pertanyaannya adalah: Kenapa walaupun sekarang zaman sudah berubah total, 99% orang masih menggunakan cara 100 tahun yang lalu untuk mencari penghasilan tambahan? Jika jawaban Anda adalah karena belum tahu, maka sadarilah bahwa sekarang sudah terbuka harapan besar di depan Anda. Karena ebook ini adalah memang ditulis untuk Anda yang mau belajar, dan mau mengambil kesempatan BESAR yang belum banyak diketahui orang Indonesia. Dengan teknologi dan perkembangan zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang ini, Anda bisa menggunakan bisnis online sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus berhenti bekerja dengan modal yang relatif kecil. 

Anda juga bisa menggunakan bisnis online sebagai salah satu strategi marketing untuk mengembangkan bisnis Anda sekarang ke pasar yang lebih luas dan lebih sedikit saingannya, karena belum banyak yang tahu potensi pasar di bisnis online.

 Gambaran lengkap tentang peluang bisnis online di Indonesia berikut contoh contoh studi kasus nyata dapat Anda baca di buku saya “Kaya Dari Internet Marketing”(Ini adalah buku panduan wajib bagi Anda yang serius di bisnis online, oleh karena itu saya sangat menyarankan Anda membacanya terlebih dahulu. Anda bisa membelinya online atau di toko toko buku terdekat). Sedangkan di ebook ini (38 Peluang Bisnis Online), adalah koleksi dari berbagai jenis ide ide bisnis online yang segera bisa Anda terapkan secara langsung sebagai bisnis sambilan terlebih dahulu.

 Tidak tertutup kemungkinan, jika Anda melakukannya dengan tekun dan benar, bisnis online Anda akan bertumbuh berlipat ganda lebih besar dari penghasilan Anda sekarang. Sudah banyak bukti dan contoh nyata bahwa orang Indonesia sudah banyak yang sukses melalui bisnis online. (kisah lengkap bisa di dapat di www.TipSAKTI.com) Sebelum pikiran Anda mulai berkelana bersama ide ide yang akan saya uraikan, Anda harus ingat bahwa yang fokus dan target Anda adalah membangun bisnis online yang bisa memberikan penghasilan tambahan walaupun hanya dikerjakan sambilan (jumlahnya terserah Anda, tapi mulailah dengan 1 bisnis online yang menguntungkan terlebih dahulu).

 Karena ini adalah bisnis nyata, maka sama seperti bisnis bisnis lainnya, keberhasilan Anda sangat tergantung pada komponen penting berikut:
 • Komitmen waktu
 • Komitmen uang (walaupun investasinya tidak besar)
 • Komitmen konsentrasi (untuk belajar keahlian bisnis online) Apakah Anda siap? Jika Anda siap, mari kita mulai. Persiapkan pulpen dan kertas, sehingga saat terlintas ide di benak Anda, segera catat. Mungkin itulah ide yang akan melontarkan Anda dengan cepat ke impian yang sudah Anda tunggu tunggu. Sukses Online,

 Konsep Dasar Bisnis adalah tetap bisnis. Baik itu dikerjakan online, maupun dikerjakan secara offline. Internet hanyalah tools atau perkakas pendukung. Jadi jika Anda ingin berhasil dalam bisnis baik online maupun offline, selalu gunakan topi pebisnis untuk semua ide yang ingin Anda terapkan.

Kunci utama yang harus selalu Anda ingat agar bisnis yang Anda bangun bisa sukses: 1. Harus ada nilai tambah 2. Harus ada diferensiasi Ingat, sebagai pebisnis Anda tidak perlu harus bisa mengerjakan semua proses dari bisnis tersebut.

 Misalnya: Jika Anda ingin membuka toko roti, maka komponen yang perlu dipersiapkan:
 Modal (bisa modal sendiri atau pinjam dari orang atau cari investor)
 Toko (bisa punya sendiri atau sewa)
 Renovasi (bisa dikerjakan sendiri atau suruh designer atau tukang)
 Sales/ penjaga toko (bisa jaga sendiri atau menggaji sales)
 Pembuat roti (bisa buat sendiri atau menggaji pembuat roti)
 Manager (bisa dilakukan sendiri atau menggaji manager professional)

 Dari contoh di atas, terlihat bahwa jika Anda punya kemampuan, maka Anda bisa kerjakan sendiri, tapi jika tidak punya kemampuan tersebut, tetap bisa menyuruh orang lain yang mengerjakannya. Namun bisnis tersebut tetap adalah milik Anda. Demikian juga dengan bisnis online. Jangan batasi kemampuan Anda berbisnis hanya karena masalah teknis yang bisa dengan mudah diatasi dengan meng-outsource (menyuruh orang lain yang mengerjakan).

 Yang terpenting adalah memahami prinsip bisnisnya yaitu : Menemukan nilai tambah, dan memiliki diferensiasi di bisnis yang ingin Anda kembangkan. Berikut ini adalah contoh contoh ide bisnis, dan saya yakin, Anda akan menemukan ide ide baru yang akan bermunculan ketika membaca ebook ini. Catatlah ide tersebut, dan pikirkan. Jika pad aide tersebut memang Anda memiliki nilai tambah dan diferensiasi, maka ide tersebut pantas untuk dicoba.

Website showroom Untuk bisnis website showroom ini, Anda harus memiliki hosting yang handal. Salah satu webhosting terbaik dan murah adalah di www.myTopHosting.com

Peluang 1Ini adalah website yang menyediakan tempat bagi para sponsor untuk menyewa iklan di website tersebut. Biaya iklan bisa dibayar bulanan, atau tahunan. Besarnya biaya iklan ditentukan dari ramai tidaknya website tersebut dikunjungi orang. Jika Anda meletakan kode google Adsense di website showroom ini, maka artinya Anda juga mengijinkan para pengiklan di google Adwords untuk beriklan di website showroom Anda.

 Peluang 2 Menyediakan backlink (link balik) ke website pemasang link. Dengan bertumbuhnya pebisnis online di Indonesia, maka akan makin banyak pemilik website yang ingin meningkatkan ranking mereka di search engine (situs pencari). Mereka akan bersedia membayar link yang Anda berikan dari website Anda ke website mereka asal “page rank” dari website Anda cukup tinggi (PR di atas 4) Jika Anda ingin tahu posisi page rank website Anda, maka silahkan download google toolbar gratis di: www.KunciSAKTI.com/tipsakti

 Peluang 3Menyediakan website direktori dimana siapa yang berminat bisa meletakan nama perusahaan mereka di direktori tersebut. Anda harus memilih pasar atau industri yang popular untuk masing masing direktori, sehingga ada peminatnya, karena percuma saja Anda memiliki website direktori tapi tidak ada peminat.
 Langkah langkahnya:
1. Buat website dengan menggunakan hosting yang handal 
2. Bagi website tersebut menjadi beberapa kategori, beberapa slot, yang posisinya strategis dan menarik, sehingga sponsor yang tertarik bisa memilih lokasi slot iklan atau direktori, atau backlink yang mereka inginkan 
3. Membawa traffic ke website showroom sehingga ramai dikunjungi (biasanya menggunakan metode SEO (search engine optimization)
4. Buat website dengan konten yang selalu diupdate dan memiliki potensi pasar bagi internet marketer/ pebisnis online, sehingga page rank dari website Anda tinggi  
5. Jual backlink pada pengunjung yang ingin mendapatkan backlink ke website mereka. Agar nilai jual tinggi, maka ranking SEO dari website Anda harus bisa masuk dihalaman pertama. Tuan Tanah Online

 Peluang 4 Sama seperti bisnis offline, lokasi adalah sangat menentukan harga tanah. Dalam bisnis online, lokasi itu adalah nama domain. Jika Anda sudah mengamankan lokasi lokasi bagus, artinya nama domain yang bagus, maka Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi. Contoh contoh domain yang harganya sudah mahal sekarang ini adalah di www.PremiumDomain.com
 Langkah langkahnya: 
1. Belilah domain yang menurut Anda berpotensi untuk dicari orang di website penjual domain seperti www.idWebhost.com 
2. Cantumkan website milik Anda di tempat tempat penjual domain, atau di website Anda sendiri, agar jika ada yang mau, mereka bisa menghubungi Anda

 Peluang 5Dengan bertumbuhnya bisnis online, maka kebutuhan besarnya hosting, atau luas tanah untuk website juga makin besar Jadi jika Anda masuk ke bisnis webhosting, maka Anda bisa mengeruk keuntungan sebagai penyewa webhosting. Ini bisa menjadi peluang pasif income yang menarik, karena penyewa webhosting biasanya akan selalu memperpanjang sewa tiap tahunnya. Langkah langkahnya: 
1. Beli reseller account di penyedia webhosting seperti www.myTopHosting.com (cukup handal, dan banyak digunakan oleh internet marketer) 
2. Bagi menjadi paket paket yang lebih kecil dengan harga dan fitur menarik, lalu Anda buat websitenya untuk menjual paket paket tersebut 
3. Pasarkan paket tersebut ke para peminat di Indonesia

Peluang 6Dengan bertumbuhnya bisnis online, maka kebutuhan website juga pasti meningkat, dan biasanya website yang dibutuhkan adalah hanya untuk display dan showroom. Jika Anda memiliki software editor html, maka Anda bisa menerima jasa membuat website sederhana yang tidak membutuhkan keahlian programming
 Langkah langkahnya: 
1. Download software NVU gratis 
2. Download software Filezila gratis 
3. Buat beberapa website contoh dari template template yang menarik 
4. Pasarkan paket paket pembuatan website pada para pemilik usaha kecil dengan harga Rp.1juta – Rp.2juta 

Peluang 7Biasanya website untuk pebisnis online adalah menggunakan WordPress atau CMS lainnya seperti Joomla, etc. Jika Anda memiliki keahlian ini, maka Anda bisa menjual jasa install website WordPress atau Joomla bagi mereka yang membutuhkan. Langkah langkahnya: 1. Buat beberapa website contoh dari WordPress dan Joomla yang Anda sudah install 2. Pasarkan paket paket install website WordPress dan Joomla tersebut dengan harga Rp.500rbRp.2juta 

 Peluang 8Jika Anda memiliki keahlian untuk install script, maka Anda bisa menjual jasa install script bagi mereka yang membutuhkan. Langkah langkahnya: 1. Berikan script secara Gratis, atau jual script yang dibutuhkan oleh pebisnis online dengan bonus jasa install 2. Pasarkan script tersebut 3. Jual jasa install dengan harga Rp.200rb-Rp.500rb

Peluang 9Internet adalah pasar global, dan Anda bisa masuk kepasar mana saja dengan mudah. Yang membatas pasar satu dengan yang lain adalah bahasa. Jika Anda menguasai dua bahasa, maka Anda bisa menawarkan jasa menterjemahkan. Misalnya jika Anda menguasai bahasa inggris, Anda bisa menerima pekerjaan untuk menterjemah dari Indonesia ke inggris, atau dari inggris ke Indonesia, baik secara lisan ataupun tulisan. Jika Anda menguasai bahasa mandarin dan inggris, Anda bisa menerima pekerjaan untuk menterjemah dari mandarin ke inggris, mandarin ke Indonesia, inggris ke mandarin, inggris ke Indonesia. 

Peluang 10Jika grammer (tata bahasa) Anda bagus, maka Anda bisa menerima jasa untuk memeriksa tulisan atau karangan orang lain, sehingga karangan tersebut mengikuti tata bahasa yang baku. 

Peluang 11Jika Anda menguasai suatu topik, dan memiliki keahlian menulis artikel, maka Anda bisa menjual jasa penulisan artikel. 

Peluang 12Jika Anda punya banyak waktu dan tahu cara mengirimkan artikel ke direktori artikel, maka Anda bisa menerima pekerjaan untuk mengirimkan artikel ke sejumlah direktori artikel 

Peluang 13Jika Anda punya banyak waktu dan tahu cara menggunakan social bookmark, maka Anda bisa menerima pekerjaan untuk membantu membookmark website ke berbagai social bookmark

Peluang 14Jika Anda punya banyak waktu dan tahu cara mengirimkan video ke berbagai direktori video, maka Anda bisa menerima pekerjaan untuk menerima jasa upload dan submit ke video directory

Peluang 15Jika Anda punya keahlian mengedit video, atau membuat effect di video, maka Anda bisa menerima pekerjaan untuk membantu membookmark website ke berbagai social bookmark 

Peluang 16Jika Anda punya keahlian design grafis, maka Anda bisa menerima pekerjaan untuk membuat design grafis dari header, footer, background, ebook, audio, dvd, dan lain lain 

Peluang 17Jika Anda punya keahlian design gambar kartun, atau komik, maka Anda bisa menerima pekerjaan untuk membuat design kartun dan komik 

Peluang 18Jika Anda punya keahlian SEO, maka Anda bisa menerima pekerjaan untuk meningkatkan ranking dari website yang ada 

Peluang 19Jika Anda punya keahlian PPC, maka Anda bisa menerima jasa konsultasi untuk membawa traffic berbayar ke website pelanggan. Atau Anda bisa merancang suatu system pemasaran bagi perusahaan tersebut. Atau Anda bisa juga melakukan survey untuk market segmen yang dibutuhkan dengan menggunakan PPC. 

Peluang 20Jika Anda punya keahlian menulis sales copy (copywriting), maka Anda bisa menerima jasa pembuatan surat penawaran (sales copy) 

Peluang 21Jika Anda punya keahlian mengetik, maka Anda bisa menerima jasa mengetik dari video atau audio untuk dibuat transkripnya 
Langkah langkahnya: 
1. Cantumkan jasa Anda di iklan baris atau direktori atau www.elance.com 
2. Melakukan posting jasa jasa Anda diblog, sehingga ketika ada yang membutuhkan, mereka bisa menghubungi Anda. 
3. Memiliki sales copy yang menawarkan jasa Anda 
4. Setiap kali menyelesaikan pekerjaan terjemahan tersebut, mintalah testimoni, sehingga Anda dapat membangun nilai Anda dengan berjalannya waktu   

Peluang 22Mempertemukan pembeli dan penjual dengan menyediakan pasarnya. Sehingga penjual bisa menitipkan produk di pasar tersebut, dan pembeli suka mampir ke pasar tersebut karena banyak produknya.
 Langkah langkahnya: 
1. Membuat website affiliate network 
2. Memasarkan website tersebut pada para pemilik produk
 3. Memperkenalkan website tersebut pada semua pembeli

Peluang 23Memasarkan produk produk yang membuka kesempatan bagi kita untuk menjadi affiliatenya. Perusahan perusahaan seperti Amazon.com, Linkshare.com, CJ.com, Clickbank.com sudah menyediakan kesempatan bagi siapa saja yang tertarik untuk menjadi affiliate. Untuk setiap produk yang terjual, Anda akan mendapatkan komisi. Semua pengiriman barang, stok barang, dan after sales servis dilakukan oleh pemilik produk. Tugas Anda hanyalah menggunakan keahlian marketing untuk memasarkan produk produk yang ada.
 Langkah langkahnya: 
1. Membuat website atau blog 
2. Mendaftar sebagai affiliate 
3. Mereview dan merekomendasikan produk tersebut 

Peluang 24Jika Anda punya keahlian marketing online, dan Anda melihat ada peluang dimana pemilik produk belum mengerti bisnis online, maka Anda bisa kerjasama dengan menjadi makelar online dari bisnis offline. 
Langkah langkahnya: 
1. Buat kesepakatan dengan pemilik bisnis offline tersebut. Cari kesepakatan yang win win, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar 
2. Pasarkan bisnis offline tersebut melalui online dengan menggunakan keahlian internet marketing
3. Cari lagi peluang peluang lain dengan cara yang sama  

Peluang 25Jika Anda mengenal banyak internet marketer, maka Anda bisa menjadi makelar dari pemilik produk dengan para internet marketer. Artinya Anda membantu pemilik produk langsung mendapatkan calon calon pemasar yang handal. Tentu Anda sebagai makelarnya mendapatkan komisi dari pemilik produk. 
Langkah langkahnya: 
1. Buat kesepakatan dengan pemilik produk tersebut. Cari kesepakatan yang win win, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar 
2. Hubungi para internet marketer yang Anda kenal untuk bekerja sama membantu Anda untuk memasarkan produk bersama sama, sehingga pemilik produk langsung mendapatkan hasil yang besar 

Peluang 26Sama seperti bisnis offline, Anda juga bisa membeli produk yang dilengkapi dengan lisensi Hak Jual (Resale Rights). Dengan produk yang dilengkapi dengan lisensi, biasanya sudah dilengkapi dengan sales copy, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mencari copywriter untuk menuliskan sales copy (surat penawarannya). 100% dari hasil penjualan adalah milik Anda sepenuhnya. Tentu Anda harus hati hati dan jeli dalam memilih produk dengan hak jual. Pilihlah produk yang laku dijual, karena banyak sekali produk tidak bermutu yang disertai hak jual. 

Peluang 27Selain tersedia banyak produk dengan hak jual, maka ada pula produk yang disertai dengan Master Hak Jual (Master Resale Rights). Jika Anda membeli produk dengan Master Hak Jual, artinya Anda selain boleh menjual produk tersebut dengan 100% keuntungan, Anda juga boleh menjual Hak Jual produk tersebut pada siapapun. 100% keuntungan juga adalah milik Anda. Sama seperti bisnis offline, Anda juga bisa membeli produk yang dilengkapi dengan lisensi Hak Jual Langkah langkahnya: 
1. Cari produk yang berkualitas, lalu beli hak jualnya, jika Anda yakin bahwa lebih menguntungkan dibandingkan dengan hanya menjadi affiliate 
2. Pasarkan produk tersebut di hosting milik Anda sendiri, sehingga 100% keuntungan masuk ke kantong Anda.

Peluang 28Dalam dunia bisnis online, dikenal juga satu istilah Private Label Right (PLR), artinya Anda mendapatkan 100% hak milik dari produk tersebut. Jadi jika Anda membeli produk yang dilengkapi dengan PLR, maka Anda boleh mencantumkan nama Anda sebagai pemilik dan pembuat produk tersebut. Inilah salah satu cara agar Anda tidak usah repot repot membuat produk dari nol. Langkah langkahnya: 
1. Cari produk yang berkualitas dengan hak milik 
2. Ganti namanya, sehingga semuanya menunjukan bahwa Andalah pemiliknya 
3. Buat surat penawaran yang bagus & menjual (outsource ke orang lain, jika Anda tidak bisa, karena ini salah satu kunci terpenting untuk keberhasilan Anda di bisnis online)
 4. Pasarkan produk tersebut di hosting milik Anda sendiri, sehingga 100% keuntungan masuk ke kantong Anda. 
5. Anda bisa juga membuat paket Hak Jual dan paket Master Hak Jual, sehingga keuntungan Anda lebih berlipat ganda lagi

Peluang 29Jika Anda punya ide, tapi tidak bisa membuat produknya, maka jangan kuatir. Dalam dunia bisnis online, ada solusinya. Silahkan kunjungi www.Elance.com . Disinilah tempat berkumpul orang orang yang siap membantu segala jenis pekerjaan yang Anda butuhkan. Anda bisa menyuruh mereka membuat buku, membuat software, membuat video, membuat audio, dan lain lain. Tentu Anda juga harus pilih pilih, siapa yang sesuai dengan criteria dan standard Anda. 
Langkah langkahnya: 
1. Tentukan ide 
2. Cari orang yang mau mengerjakannya sesuai dengan budget Anda 
3. Jual dan pasarkan produk tersebut setelah selesai 

Peluang 30  Jika Anda suka menulis, maka curahkanlah tulisan Anda dalam bentuk ebook, atau majalah. Elektronik dalam berbagai topik. Setelah selesai, Anda bisa menjualnya secara online. 

Peluang 31Jika Anda bisa programming, maka buatlah modul modul program yang dibutuhkan oleh internet marketer. Setelah selesai, Anda bisa menjualnya secara online. 

Peluang 32Jika Anda lebih pandai menggunakan kata kata untuk menjelaskan sesuatu, maka Anda bisa merekam paket paket audio yang isinya berupa pelajaran, atau motivasi, atau informasi. Setelah selesai, Anda bisa menjualnya secara online. 

Peluang 33Jika Anda suka berjalan jalan, maka Anda bisa menggunakan video untuk mengambil video dari tempat tempat yang indah. Anda juga bisa menggunakan kamera sekaligus bersamaan. Setelah selesai, Anda bisa menjualnya dalam bentuk paket video dan photo dari tempat tempat pariwisata secara online. 

Peluang 34Jika Anda punya keahlian memasak, atau menyulam, atau piano, atau catur, atau menari, atau keahlian apapun, maka Anda bisa membuatnya menjadi produk dalam bentuk ebook, audio, atau video dari keahlian tersebut. 

Peluang 35Jika Anda ahli membuat website template, maka buatlah beberapa template yang bagus lalu dijual dalam bentuk paket secara online. 

Peluang 36Jika Anda ahli membuat gambar menarik, dan grafis menarik, maka buatlah dalam bentuk paket sesuai dengan topic dan tema, kemudian dijual secara online. 

Peluang 37Jika Anda mau menjadi pengumpul informasi yang selalu terbaru dari suatu bidang industri tertentu. Dimana informasi di industri tersebut sangat dibutuhkan orang, maka Anda bisa membuat ebooknya, lalu menjualnya secara online.

oke sob sekian jangan lupa tinggalkan komen.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.