5 Penemuan Benda Kuno yang berharga Miliyaran dan menggemparkan dunia

Sejarah mengajarkan kita banyak hal tentang kehidupan. Lewat sejarah juga kita bisa mempelajari segala hal tentang misteri yang ada di masa lalu. Karena itulah para ahli sejarah dan arkeologi terus berusaha untuk bisa mengungkap fakta-fakta kehidupan di masa lalu.

Lewat catatan-catatan dan dokumen-dokumen kuno yang ditemukan, arkeolog dan sejarawan bisa mengungkap tentang kehidupan pada zaman dahulu. Namun terkadang, ada juga penemuan bersejarah yang bahkan tidak tercatat dalam dokumen manapun dan hingga kini penemuannya malah menjadi misteri besar.

1. The Rosetta Stone

Image: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c3/Copy_of_Rosetta_Stone.jpg/170px-Copy_of_Rosetta_Stone.jpg

Rosetta Stone adalah batu yang berisi tulisan-tulisan dan berasal dari zaman Mesir kuno. Diperkirakan batu ini berasal dari abad ke-2 sebelum masehi. Orang yang menemukan secara tidak sengaja adalah tentara Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte di abad ke-18. Penemuan Rosetta Stone adalah penemuan terbesar untuk mengetahui seperti apa Mesir di masa lalu.

2. Perhiasan Abad Pertengahan

Image: http://update.ahloo.com/wp-content/uploads/2017/01/ahloo-penemuan-benda-3-1024x1024.jpg

Pada 2007 seorang pria asal Austria, Andreas K menemukan perhiasan dari abad pertengahan yang terkubur di dekat rumahnya. Andreas lalu menyimpan perhiasan yang terdiri dari 200 jenis. Pria itu melupakan ‘prestasi’ itu selama dua tahun hingga tiba saatnya dia pindah rumah Andreas kembali ingat pada penemuannya. Pria itu lalu mengembalikan hasil temuannya pada museum sebagai hibah.

3. Harta Karun Yang Ada Di Aceh

Image: http://static.republika.co.id/uploads/images/headline_slide/harta_karun_100511155343.jpg


Hari itu, Fatimah menyisiri rawa-rawa di Desa Gampong Pande, Aceh. Ia sedang mencari tiram. Tiba-tiba matanya melihat benda kotak yang teronggok di antara kubangan lumpur.

Kotak itu ditutupi koral dan tiram. Saat memukul permukaannya, untuk mengambil tiram, benda itu tiba-tiba terbuka.

Perempuan itu kaget bukan kepalang. Sebab, isi kota tersebut ternyata koin-koin emas yang bertuliskan aksara Arab.

"Koin-koin itu tumpah ketika ia membuka peti itu," kata Abdullah, penduduk Gampong Pande, seperti dikutip dari Daily Mail, yang memuat artikel itu pada 2013.

Harta karun tersebut ditemukan dekat kuburan kuno yang keberadaannya dikuak gelombang tsunami dahsyat yang melantak Aceh pada 2004. Koin yang ditemukan diperkirakan berasal antara tahun 1200 hingga 1600 Masehi

4. Batu Baterai Banghdad

Image: http://1.bp.blogspot.com/-qcyOXHDY2nI/VI2W1IeC6kI/AAAAAAAAAZQ/COFgDLGceeo/s1600/bateraikuno.jpg

Baterai Bahdad adalah sebuah guci keramik yang ditemukan di dekat Baghdad, Irak. Bedanya dengan guci yang lain adalah adanya batang logam dan sebuah tabung yang juga ditemukan bersamanya. Diperkirakan alat ini digunakan untuk melapisi benda perak dengan emas menggunakan proses yang disebut dengan electroplating.

Anehnya adalah, benda ini berasal dari tahun 250 SM hingga tahun 224. Keberadaan teknologi semacam ini di zaman itu bisa menjadi bukti bahwa masyarakat sudah memahami tentang kelistrikan jauh dari yang diperkirakan sebelumnya.

5. Harta Karun Emas Milik Nazi 300 Ton.

Image: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2015/08/21/584038/670x335/kereta-peninggalan-nazi-berbalut-emas-ditemukan-di-polandia.jpg

Kereta api diduga milik Nazi yang hilang pada perang dunia II diklaim telah ditemukan. Kereta ini menimbun setidaknya 300 ton emas, batu mulia serta senjata.

Dua orang di Polandia mengaku telah mengetahui lokasi keberadaan kereta. Namun, kedua orang ini tidak mau mengungkapkan secara pasti lokasi kereta sampai mereka diberikan jaminan bahwa mereka diberi 10 persen dari nilai harta itu.

Dewan Perwakilan Daerah di Barat Daya Negara juga mengaku telah dihubungi oleh sebuah firma hukum yang bekerja untuk dua orang Polandia. Seorang pejabat otoritas, Marika Tokarska mengatakan dewan telah membuat

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.