7 Hal Yang Menyebabkan IQ Lemah

Kecerdasan seseorang bisa diukur dari tinggi rendahnya nilai IQ orang tersebut. Semakin tinggi nilai IQ maka semakin tinggi pula kepintaran seseorang.

Orang-orang yang memiliki IQ tinggi biasa disebut jenius, orang tersebut dapat dengan cepat dapat menyelesaikan suatu hal karena dengan memiliki IQ tinggi maka otak akan bekerja lebih tinggi daripada otak manusia pada umumnya.

Sebagian orang yang mendapatkan IQ tinggi tentunya itu menjadi satu kebanggaan tersendiri. Dimana dengan kemampuan IQ tersebut dia bisa dipastikan hidupnya akan sukses dengan menempuh dunia pendidikan dan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Namun perlu kamu ketahui, IQ manusia juga tidak selamanya stabil. Adakala IQ yang tinggi bisa juga menjadi turun secara perlahan-lahan maupun secara seketika.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi menurunnya IQ seseorang yang seperti dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa faktor tersebut:

1. Terlalu Banyak Melakukan Aktifitas Secara Bersamaan
Otak juga memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal sekaligus, seperti yang diterangkan oleh ahli saraf Earl Miller yang merupakan ahli saraf di Massachusetts Institute of Technology.

Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus maka fungsi otak akan menurun dan menjadi lambat. Dan akan kesulitan ketika berfikir dan kesulitan untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang seperti sebelumnya.

2. Makanan Yang Mengandung Lemak
Makanan yang mengandung lemak secara berlebihan juga dapat mempengaruhi fungsi otak manusia, seperti yang dilakukan penelitian di di University of Montreal terlalu banyak mengonsumsi makan berlemak secara berlebihan akan membuat mempengaruhi kinerja otak dan melalui saraf yang mengendalikan dopamine.

3. Diet Makanan Berlemak
Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan tidak baik, begitu juga dengan diet total terhadap makanan berlemak juga dapat mempengaruhi kinerja otak yang dapat memicu kerusakan otak dan membuat daya ingatan anda akan menurun.

4. Ketergantungan Terhadap Teknologi
Dengan adanya teknologi akan membuat kebutuhan seseorang menjadi lebih mudah. Contoh kecilnya adalah jika seseorang ingin menghitung suatu penjumlahan pasti dia akan menggunakan alat bantu teknologi.

Jika keseringan mengandalkan hal itu maka akan membuat otak menjadi lemah karena otak tidak digunakan dan dipicu untuk berfikir dan bekerja, dan dengan begitu akan membuat daya ingat akan menurun.

5. Terlalu Sering Mengunyah Permen Karet
Mungkin anda tidak percaya jika mengunyah permen karet bisa merusak fungsi otak. Seperti penelitian yang dilakukan belum lama ini mengungkapkan dengan mengunyah permen karet terlalu lama dan dalam jangka waktu lama maka dapat merusak fungsi otak dan membuat otak kehilangan fokus.

6. Buah-buahan Yang Mengandung Fruktosa
Mengonsumsi buah memang bagus bagi kesehatan tubuh, namun ada beberapa buah justru akan berdampak tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Buah yang mengandung gula fruktosa dapat mempengaruhi kadar sekaligus kemampuan insulin dalam tubuh manusia. Gula fruktosa ini secara tidak sadar akan merusak sel otak dan akan berefek pada lambatnya pola berfikir dari biasanya.

7. Insomnia
Kurang tidur atau insomnia akan membuatkinerja fungsi kognitif jadi rusak jika hal itu terjadi dalam kurun waktu yang lama dan jika dibiarkan berpanjangan akan membuatnya rusak sepenuhnya seperti yang diungkapkan oleh ilmuwan di University of California, Berkeley.

Itulah ketujuh faktor yang bisa membuat IQ jadi menurun. Dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.