Manfaat daun gatal asal Papua


Dilansir dari jendelasehatq.blogspot.co.id (03/07/2013) mengatakan bahwa Daun gatal dari tanah Papua merupakan daun dari tanaman Urticaceae yang terdiri atas beberapa spesies. Meski begitu, daun gatal yang umumnya ditanam di pekaranan rumah warga Paniai, Papua dan dijual di pasar tradisional bernama Laportea decumana.

Daun ini juga dikenal sebagai obat tradiosional dari daun yang disebut daun gatal. Warga setempat (orang asli Papua maupun non Papua) memanfaatkan daun ini untuk mengobati penyakit reumatik atau digunakan ketika seseorang mengalami pegal-pegal.

Tumbuhan famili Urticaceae umumnya memang memiliki kandungan kimiawi seperti monoridin, tryptophan, histidine, alkaloid, flavonoid, asam formiat dan authraguinones. Asam semut ini sendiri terkandung di dalam kelenjar ‘duri’ pada permukaan daun.

Image: http://jendelasehatq.blogspot.co.id

Daun gatal biasanya digosokkan ke bagian badan yang sakit,efek pertama daun ini akan menyebabkan rasa gatal sekitar lima belas menit Setelah itu baru akan terasa lebih baik, itu sebabnya daun gatal ini disebut daun gatal.

Untuk cara menggunakan daun gatal yaitu menggosokan daun gatal secara langsung pada bagian tubuh yang terasa pegal dan lelah atau reumatik. Untuk menghilangkan rasa pusing dikepala, daun gatal digunakan dengan cara membungkuskan di kening si penderita hingga si penderita merasa bahwa sakit kepalanya sudah berkurang baru dilepaskan, saat duri tersebut mengenai tubuh, asam semut dalam kelenjar itu terlepaskan dan mempengaruhi terjadinya pelebaran pori-pori tubuh. Pelebaran pori ini nampaknya meransang peredaran darah. Itulah sebabnya pemanfaat daun gatal umumnya merasa pegal-pegal mereka lenyap ataupun merasa lebih baik.

Tanaman ini di tanah Papua bisa tumbuh secara liar. Walau demikian, orang bisa membeli di pasaran se ikat dengan harga Rp 5.000 hingga Rp. 10.000.

Mengunakanya gampang, ambil sehelai daun gatal tempelkan atau di gosok pada permukaan kulit yang bermasalah. Sensasi yang dirasakan memang gatal dan seperti digigit semut agak panas dikit. Keesokan hari rasakan badan yang pegal-pegal akan hilang.

Sumber: http://jendelasehatq.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.