10 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak

Otak merupakan salah satu organ vital dan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kalau diibaratkan, manusia sebagai komputer dan otak adalah prosesornya. Namun tanpa disadari, ada kebiasaan sehari-hari bisa merusak otak Anda.

Sebagaimana yang dilansir detik.com (11/02/2010) dari Colorielab, otak manusia memiliki lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terhubung dengan 10 ribu saraf lainnya. Otak merupakan organ tubuh yang sangat vital dan merupakan pusat dari pengendali sistem saraf pusat.

Fungsi dari otak yaitu untuk mengatur dan mengkodinir sebagian besar dari gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeotasis seperti detak jantung, keseimbangan cairan, tekanan darah, suhu tubuh dan keseimbangan cairan tubuh. Sebagian fungsi seperti pengenalan, ingatan, emosi, pembelajaran motorik dan semua bentuk dari pembelajaran lainnya.

Supaya otak Anda tetap sehat dan tenang, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak otak dan harus dihindari, seperti yang dikutip liputan6.com (22/05/2017) dari Boldsky.

1. Telepon seluler

Image: Wanita sedang menerima telepon (tekno.kompas.com)

Medan elektromagnetik yang terdapat pada telepon seluler dapat memancarkan radiasi yang sangat berbahaya bagi manusia. Radiasi tersebut bisa menyebabkan sakit kepala, tumor otak dan kanker. Hal tersebut telah ditegaskan dalam penelitian The Potential Impact of Mobile Phone On Tren In Brain CNS Tumors. Ketika sedang menelepon, saat menyambungkan sebaiknya jauhkan ponsel dari telinga untuk menghindari radiasi yang lebih kuat.

2. Tidak sarapan

Bagi mereka yang melewatkan sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah. Hal tersebut akan memicu kurangnya nutrisi pada otak, padahal otak membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap bekerja. Akibatnya kurangnya asupan nutrisi terutama glukosa, lama-kelamaan kemampuan otak akan cepat menurun.

3. Merokok

Semua orang pasti sudah tau bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan. Banyak dampak buruk yang ditimbulkan bila merokok. Salah satunya bisa merusak organ otak, kebiasaan merokok bisa membuat otak menyusut dan akan memicu penyakit pikun atau Alzheimer. Sel-sel saraf dalam otak pada bagian hippocampus dan korteks depan yang berguna untuk menyimpan ingatan.

4. Terlalu banyak makan

Makan yang berlebihan dan kurang gizi bisa mengurangi kinerja dari otak. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan kondisi yang berkaitan dengan otak seperti volume otak rendah dan demensia.

5. Mengonsumsi gula berlebihan

Mengonsumsi gula secara berlebihan akan mengganggu proses penyerapan protein dan nutrisi sehingga dampak kepada tubuh akan mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) dan berdampak pada perkembangan otak.

6. Kurang tidur

Tidur secara teratur dan berkualitas merupakan hal yang penting bagi kesehatan otak. Ketika tidur, otak akan berkerja untuk menyimpan kenangan dan bisa menghilangkan racun. Kebiasaan kurang tidur akan mengakibatkan akumulasi plak, terjadinya perubahan ingatan serta meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif.

7. Polusi udara

Otak merupakan organ yang mengonsumsi oksigen paling banyak dari tubuh. Hidup ditengah udara yang tercemar polusi akan mengurangi suplai oksigen ke otak dan bisa mengurangi efisiensi otak dalam bekerja.

8. Jarang berbicara

Sering bercakap dengan seseorang akan terus mengaktifkan sel-sel dalam otak, apalagi tentang intelektual. Orang yang terbiasa diam akan membiarkan sel-sel otaknya mati dengan perlahan karena tidak pernah diaktifkan.

9. Jarang menstimulasi pikiran

Berpikir merupakan cara terbaik untuk melatih otak. Kurangnya menstimulasi otak akan membuat otak menyusut. Sel-sel pada otak akan mati karena tidak ada sesuatu yang membuat otak menjadi berkembang.

10. Menutup kepala saat tidur

Image: Menutup kepala saat tidur (nusantaranews.co)

Ketika Anda menutupi kepala dengan tangan maupun bantal, akan terjadi penumpukan oksigen dan karbon dioksida berada di sekitar kepala. Jika kedua gas terkonsentrasi pada satu arah, menghirupnya dapat menyebabkan efek merusak otak.

Itulah 10 kebiasaan yang bisa merusak otak, sebaiknya hindari kebiasaan diatas agar otak tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.