7 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menyembuhkan Penyakit

Tanaman jeruk nipis banyak sekali tumbuh di berbagai daerah di Indonesia dan dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Tanaman jeruk nipis memang mudah tumbuh di negara Indonesia yang beriklim tropis. Buahnya yang rasanya asam dan segar ini ternyata banyak memiliki manfaat.

Air perasan dari jeruk nipis biasanya digunakan sebagai penghilang amis pada ikan, penyedap makanan, minuman. Jeruk nipis juga dikenal sebagai obat herbal alami yang diyakini berkhasiat menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuritik), bau keringat dan memperbaiki sistem pencernaan.

Seperti yang dilansir dari lifestyle.kompas.com (12/08/2012), menurut Hj. Sarah Kriswanti, herbalis yang tinggal di Bandung, dan Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia), memberikan tips bagaimana memanfaatkan jeruk nipis sebagai herbal yang membantu penyembuhan penyakit. Beikut beberapa manfaat dari jeruk nipis.

Es jeruk nipis (m.liputan6.com)
1. Melembutkan kulit 

Menurut dari berbagai penelitian tentang kekuatan dalam penyembuhan 19 ekstrak, minyak esensial yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki sifat antibakteri. Terapkan pada wajah untuk meredakan jerawat dan kulit kemerahan. Sebaiknya jangan gunakan air jeruk nipis yang masih segar, sebab akan membuat kulit perih.

2. Mencegah batu ginjal

Dikutip dari cnnindonesia.com (11/02/2016), menurut Yayasan Ginjal Nasional As, sitrat alami yang terkandung dalam jeruk nipis dan lemon dapat mencegah batu ginjal seperti halnya sitrat potasium, sebuah tindakan standar bagi penderita kronis. Caranya dengan peras dua bah jeruk nipis kampun, lalu encerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

3. Amandel

Cuci 3 kulit jeruk nipis, lalu potong kecil-kecil. Rebuslah dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 3/4. Kemudian saring air tersebut dan gunakan berkumur. Lakukan secara rutin 3-4 kali sehari.

4. Batuk

Cuci jeruk nipis dan peras, lalu campur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam. Aduk-aduk hingga rata lalu saring. Minum 2-3 kali sehari. Atau juga bisa menambahkan sepotong gula batu dan aduk hingga rata. Minum sehari sekali hingga batuk reda.

5. Vertigo

Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis. Lalu tambahkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis. Kemudian gosokkan ke tengkuk, pelipis dan dahi. Lakukan cara tersebut 2 hari sekali.

6. Radang Tenggorokan

Peras 3 buah jeruk nipis yang sudah matang. Seduh air jeruk nipis tadi dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk rata. Selagi masih hangat, pakailah untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

7. Kurap atau Panu

Cucilah 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) hingga bersih. Tumbuk hingga halus dan tambahkan air perasan jeruk nipis sambil diaduk. Terapkan pada area kulit yang terkena panu atau kurap. Lalu balut dengan perban. Ganti balutan perban tadi sehari dua kali. Lakukan sampai sembuh.

Itulah beberapa manfaat yang diberikan jeruk nipis. Kalau ada obat yang alami dan tanpa efek samping, mengapa tidak dicoba? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.