Efek Samping Dari Bawang Putih

Tak bisa dipungkiri bahwa bawang putih sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk keperluan masakan ternyata jenis umbi-umbian ini bermanfaat pula bagi kesehatan. Tak heran bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena di dalam setiap siung bawang putih ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, saltivine, sulfur, protein, lemak, fosfor, zat besi, dan vitamin A, B1 dan C.

Seperti yang dilansir dari manfaat.co.id (15/7/2017) bahwa bawang putih memiliki beberapa manfaat bagi kesahatan. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan antara lain;

1.Dapat menurunkan berat badan.

2. Dapat mengencerkan darah dalam tubuh.

3. Dapat mencegah hipertensi.

4. sebagai zat anti kanker

5. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Dan sangat berkhasiat memangkas kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang dapat dipetik dari bawang putih. Akan tetapi selain memiliki manfaat ternyata bawang putih apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah bagi kesehatan. Seperti yang dilansir dari stylecraze.com (15/7/2017) bahwa mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Berikut ini efek samping yang dari mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan;

1.Dapat menyebabkan bau tak sedap

Gambar dari tribunnews.com
Salah satu efek samping dari mengkonsumsi bawang putih adalah menyebabkan bau mulut. Penyebab bau mulut ini ditimbulkan oleh aroma dari bawang putih tersebut dan terkadang aroma tersebut dapat mengganggu orang lain. Bau mulut bagi mereka yang mengkonsumsi bawang putih terlalu berlebihan, apalagi dalam keadaan masih mentah sangat mengganggu siapapun yang berada di dekatnya. Terkadang pula aroma dari bawang putih juga meyebabkan bau badan yang tak sedap.

2. Menyebabkan masalah pencernaan

Gambar dari vemale.com
Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh National Cancer Institute bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah, atau ekstraknya dalam perut keadaan kosong dapat menyebabkan rasa mual, muntah, dan sakit maag. Selain itu menurut studi observasional tertentu juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabkan mulas dan mual. Tak cukup di situ mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabkan diare. Menurut sebuah laporan bahwa mngkonsumsi bawang putih dalam keadaan perut kosong akan memicu pembentuk gas yang berlebihan sehingga dapat memicu diare.

3. Dapat memperparah pendarahan

Efek samping tentang bawang putih ini telah dinyatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh University of Maryland Medical Center - bahwa mengkonsumsi bawang putih berlebihan dapat meningkatkan risiko pendarahan. Oleh karena itu bawang putih tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah. Terutama apabila sobat sedang menggunakan obat pengencer darah seperti warfarin, clopidogrel, dan aspirin.

4. Dapat menurunkan tekanan darah yang begitu banyak

Gambar dari darahrendah.org
Salah satu keuntungan mengkonsumsi bawang putih yaitu dapat menurunkan tensi darah bagi penderita hipertensi. Tetapi hal ini berlawanan dengan penderita tekanan darah rendah atau hipotensi. Apabila penderita hipotensi mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat membuat tekanan darahnya turun drastis.

5. Menyebabkan eksim

Gambar dari sayasehat.id
Meski bawang putih memiliki banyak manfaat, apabila dikonsumsi secara berkepanjangan juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sebuah studi menyatakan bahwa enzim di dalam bawang putih yang sering disebut alliin lyase, dapat menjadi penyebab iritasi. Penyakit eksim juga dapat menjadi salah satu akibat dari alergi terhadap bawang putih ini. Selain itu menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Medline Plus, ruam atau eksim pada kulit juga dapat disebabkan karena terlalu sering kontak dengan bawang putih.

Nah, itulah beberapa efek samping mengkonsumsi bawang putih. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan dan sebaga

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.