Makanan Yang Perlu Di Hindari Saat Menstruasi

Pada saat menstruasi tingkat stres pada perempuan akan meningkat dan perubahan suasana hati yang tidak menentu. Selain itu, kondisi dari tubuh perempuan juga akan menurun bila disertai perut kram, mual dan pusing. Hal tersebut diakibatkan selama masih menstruasi, dinding rahim akan meluruh.

Banyak sekali perempuan yang mengalami gejala tersebut terutama perempuan yang masih berusia muda. Namun hal tersebut dapat dikurangi dengan mengatur pola makan dan jenis nutrisi yang dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat selama masa menstruasi bisa membantu meminimalisir permasalahan tersebut. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat mentruasi, dikutip detik.com (04/08/2013) dari Boldsky.

1. Kafein

Kopi dan teh (life.viva.co.id)
Salah satu minuman yang sebaiknya dihindari saat menstruasi yaitu minuman yang mengandung kafein. Sebab kafein dapat menyempitkan pembuluh darah dan akan membuat kondisi tubuh terhidrasi. Mengonsumsi kafein dapat menimbulkan sakit kepala serta membuat rasa cemas dan perasaan tidak menentu. Sebaiknya hindari kopi, teh, minuman bersoda saat selama menstruasi.

2. Makanan Junk Food

Kentang goreng (vemale.com)
Makanan cepat saji atau biasa disebut junk food merupakan makanan yang banyak mengandung lemak trans. Kandungan lemak trans tersebut akan meningkatkan hormon estrogen yang dapat menimbulkan rasa sakit secara tiba-tiba pada rahim. Sehingga akan memicu kram dan sakit perut.

3. Makanan Olahan

Kornet (selerasa.com)
Makanan olahan atau makanan kaleng mengandung banyak sodium di dalamnya. Mengonsumsi sodium secara berlebihan dapat mempengaruhi penyimpanan air dalam tubuh dan akan membuat tubuh menjadi bengkak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan olahan seperti sosis, kornet,MSG dan makanan kaleng.

4. Goreng-gorengan

Gorengan (remaja.suaramerdeka.com)
Mengonsumsi makanan yang digoreng banyak mengandung banyak lemak dan minyak dapat meningkatkan hormon estrogen. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan dengan cara digoreng seperti jajan gorengan, kentang goreng atau onion ring, dengan menghidari makanan tersebut bisa membuat rahim tetap stabil dan menghindari kram dan sakit perut.

Makanan yang dianjurkan selama masa menstruasi
1. Makanan yang mengandung protein dan serat

Sebagaimana yang dilansir dari hellosehat.com (20/01/2017), banyak menngonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan serat bisa membantu menstabilkan gula darah, terutama bisa mengendalikan nafsu makan selama menstruasi.

Menurut London, M.S., R.D., seorang ahli gizi dari Mount Sinai Hospital di New York City mengatakan bahwa umumnya nafsu makan akan meningkat pada siang hari. Mengonsumsi kacang almond atau apel bisa membantu menyeimbangkan nafsu makan Anda. Sangat dianjurkan juga mengonsumsi makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

2. Makanan yang mengandung zat besi

Banyak dari perempuan mengalami penurunan zat besi dalam tubuh akibat keluarnya darah selama menstruasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus menjaga kandungan zat besi dalam tubuh agar tetap tercukupi. Dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung banyak zat besi seperti tomat, kentang, bayam, kacang ijo dan lain sebagainya.

3.Makanan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, bahwa perempuan yang mempunyai kandungan kalsium dan Vitamin D tinggi dalam tubuhnya besar kemungkinan mengalami gejala PMS yang rendah. Hal tersebut diakibatkan karena kandungan kalsium bisa membantu otak untuk mengurangi rasa akan tertekan yang mungkin dialami selama masa menstruasi. Selain itu Vitamin D juga berpengaruh dengan perubahan emosional. Saat menstruasi dianjurkan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu low-fat, keju, yogurt, jus jeruk dan susu kacang.

Itulah makanan yang harus dihindari dan sebaiknya dikonsumsi saat menstruasi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.