Risiko Gigi Berlubang Bila Tidak Cepat Di Tambal

Banyak sekali orang yang memiliki gigi berlubang. Gigi berlubang bisa disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak cuka atau gula dan juga kebiasaan buruk seperti malas sikat gigi sebelum tidur.
Gigi berlubang banyak dialami dari anak kecil hingga orang dewasa. Dengan menambal gigi merupakan langkah yang tepat untuk gigi berlubang. Namun banyak orang yang tidak segera untuk melakukan penambalan. Padahal gigi yang berlubang akan menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan bila tidak segera di atasi.
Menurut drg Bambang Nursasongko SpKG(K) pendiri merangkap Kepala Jakarta Dental Specialist (JADES), yang dikutip dari republika.co.id (11/09/2013), racun dan sisa dari makanan maupun mikroba yang memicu infeksi pada gigi dan mulut bisa menyebar ke anggota tubuh lainnya. Penjalaran infesksi gigi tersebut bisa melalui beberapa cara. "Salah satunya melalui sirkulasi darah (hematogen), yaitu material infektif menyebar melalui sirkulasi darah dan menginfeksi organ lain, ujarnya.
Infeksi gigi juga bisa menjalar ke saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Material infektif yang tertelan bisa menyebabkan tonsilitis, faringitis, dan beberapa kelaianan pada lambung. "Setidaknya ada 41 penyakit akibat infeksi gigi," kata Bambang.
Beberapa penyakit yang dimaksudkan adalah sinusitis, maksilaris, meningitis, rhematoid athritis dan kerusakan ginjal. "Bahkan, infeksi dari gigi bisa menyebabkan kematian," imbuhnya.
Bambang juga menyarankan agar gigi yang berlubang jangan dicabut, Ia menyarankan untuk menambalnya. Sebab mencabut gigi akan merusak struktur gigi. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah gigi berlubang yang dikutip merdeka.com (18/11/2013) dari Mag For Women.
1. Gosok gigi setelah makan
Dengan menyikat gigi setelah makan untuk memastikan bahwa sudah tidak ada makanan yang menempel serta membersihkan gigi dari kuman yang tidak diinginkan. Namun ada yang perlu diingat, jangan menyikat gigi setelah makanan yang mengandung tinggi asam, sebab justru akan membuat gigi mudah keropos. Jika setelah mengonsumsi makanan asam, tunggu sampai satu jam sebelum menyikat gigi.
2. Sikat gigi dua kali sehari
Anda pasti sudah sering mendengar anjuran menyikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi bangun tidur dan sebelum tidur. Menyikat gigi setelah makan juga baik.
3. Menggunakan benang gigi
Memakai benang gigi atau dental floss dapat membantu menghilangkan partikel kecil yang menyangkut pada celah-celah gigi. Makanan yang tersangkut dalam celah gigi tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada dua gigi sekaligus.
4. Hindari makanan yang menempel
Sebaiknya hindari makanan yang berkemungkinan dapat menempel pad gigi seperti permen karamel atau lainnya. Jenis maknanan-makanan seperti ini bisa sebabkan kerusakan besar dan membuat gigi cepat berlubang.
5. Kunjungi dokter secara teratur
Dan yang terakhir, jangan malas-malas dan menyisihkan uang untuk pergi ke dokter gigi. Dengan melakukan check up secara teratur dapat mencegah gigi berlubang.
Melihat bahayanya gigi berlubang, akankah Anda masih membiarkannya? Sebaiknya segera ke dokter gigi untuk menambal gigi yang berlubang sekaligus menghindarkan dari beberapa penyakit akibat infeksi gigi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.