5 cara cerdas atasi rambut rontok

Rambut bagi kita ibarat mahkota yang akan kita rawat dan jaga dengan sepenuh hati.

Rambut yang sehat dan indah, merupakan satu hal penting yang menunjang penampilan kita.


Bayangkan, setampan atau secantik siapapun, jika kepala botak, tentu akan berkurang kadar keanggunannya.

Betul nggak?😊

Sayangnya, seringkali ada di antara kita yang mengalami permasalahan cukup serius, yaitu rambut yang mudah rontok.

Sebenarnya, secara normal, rambut kita memang akan rontok tiap hari. Menurut situs womenshealthmag.com (7/8/2015), secara normal, umumnya setiap manusia akan mengalami kerontokan rambut sekitar 60 hingga 100 helai per hari.

Jika kerontokannya melebihi batas normal, kita perlu waspada dan melakukan upaya pengobatan.

Sebagaimana dilansir dari situs stylecraze.com (20/2/2017), berdasarkan jenisnya, rambut dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu rambut berminyak (oily hair), rambut kering (dry hair) dan rambut normal (normal hair).

Pada rambut kering, kelenjar sebum tidak berfungsi secara efektif, sehingga rambut tak mendapatkan cukup sebum. Itulah yang membuatrambut menjadi kering.

Permasalahan rambut rontok, biasanya terjadi pada tipe rambut jenis kering.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Ada beberapa tips yang bisa kita coba.

1. Hindari terlalu sering keramas. Jika rambut kita tipe rambut kering, keramas seminggu sekali sebenarnya sudah cukup, sebab, terlalu sering keramas akan membuat rambut semakin mudah rontok.

2. Sebagaimana di anjurkan oleh situs stylecraze.com (20/2/2017), lakukan terapi hot oil massage. Caranya, ambilah minyak zaitun, panaskah dengan cara merendam botol minyak ke air panas. Lalu, ambil beberapa tetes minyak hangat, oleskan di kepala, dan pijitlah pelan-pelan. Sisirlah pelan-pelan dengan sisir yang bergigi lebar.

3. Hindari menyisir rambut dengan sisi yang bergigi rapat. Gunakan sisir yang bergigi lebar, dan sisirlah dengan pelan dan hati-hati. Jangan tarik rambut terlalu keras.

4. Gunakan terapi alpukat dan madu. Alpukat terbukti mampu mengatasi rambut rontok, karena memiliki senyawa asam oleat yang juga berfungsi mempercepat pertumbuhan rambut. Demikian juga madu yang mengandung senyawa pinocembrin yang bisa menguatkan akar rambut. Penelitian dari Meda Wahini dkk (2014) dari Universitas Negeri Surabaya, berhasil membuktikan bahwa penggunaan madu dan alpukat sebagai hair tonic, ternyata bisa mengatasi rambut rontok. Caranya, haluskan alpukat dengan blender, campur dengan madu, lalu oleskan ke rambut sebagaimana kita menggunakan hair tonic. Diamkan sekitar 2-3 menit. Lalu bilas dengan air secara hati-hati, dan sisirlah dengan sisir bergigi lebar.

5. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, seperti vitamin B kompleks, vitamin E, Vitamin C, juga zat besi, dan yang terpenting adalah cukup kandungan protein.

Semoga 5 tips tersebut bisa membantu. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.