5 Kota di indonesia yang wajib di kunjungi untuk wisata sejarah

Eka Setiowati-Indonesia merupakan Negara satu satunya yang memilik budaya yang sangat banyak dari sabang sampai merauke hampir tiap kotamemiliki cici khas budaya masing masing.Keberagaman itu tak lepas dari perjalanan panjang beberpa daerah yang sebelum di jajah oleh belanda merupakan kumpulan dari kerajaan kerajaan yang berbeda di tiap daerah.

Seperti di lansir dari detik.com (8/8/2017) Setibanya bangsa portugis masuk ke bumi Indonesia pada abad 16 di mulailah beberapa hal baru yang terukir di bumi Nusantara.Bangsa penajajah yang ada di Indonesia selama hampir 450 tahun menduduki Indonesia membangun beberapa insfrastruktur untuk memudahkan mereka melakasanakan tugas tugasnya di Nusantara.Tak heran ketika semua penjajah dapat di usir dari Indonesia maka terdapat banyak bangunan bangunan bersejarah yang ada di Nusantara.

Nah di bawah ini adalah beberapa kota yang berseraha yang ada di indonesia dan peninggalan peninggalannya yang menjadi tempat Wisata:

1.Bukittinggi
detik.com

Kota yang berada di Sumatera barat ini pernah menjadi ibukota Indonesia saat keadaan darurat agresi militer belanda 2. Kota yang sangat terkenal karena keunikan jam gadangnya ini dulu sempat di juluki paris van sumatera, karena hawanya yang dingin serta kota ini adalah kelahiran Moh. Hatta yang merupakan tokoh dan pahlawan Proklamasi.

Pemerintah belanda sempat membuat sebuah benteng di bukittinggi ini sebagai benteng pertahanan ketika melawanwarga minang. Bahkan sampai sampai saat ini, benteng benteng tersebut masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu objek wisata sejarah di Bukittinggi. Selain Jam Gadang, ada banyak tempat yang wajib dikunjungi di Bukittingi antara lain Masjid Bingkudu yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia kemudian Benteng Fort de Kock yang dibangun oleh Belanda yang masih terawat baik saat ini.

2.Ternate
detik.com


Kota yang berada di maluku utara ini dulunya merupakan tempt yang di sukai penjajah karena memiliki komuditi rempah yang sangat banyak.Pada masa jayanya dulu banyak para pedagang dari india arab yang datang ke kota ini.Kota ternatae sendiri semakinmaju karena di abad 13 sudah berdirir suatu kerajaan yakni kesultanan ternate.

Para penjajah portugis yang menjajah ternatae mereka mendirikan benteng pertahanan juga dan sampai saat ini masih utuh .Dan menjadi destinasi wisata yang bagus.Di ternate ada banyak benteng benteng yang bisa kita kunjungi untuk mengenang peristiwa sejarah yang pernah terjadi di bumi Ternate. Selain Tolukko dan Kalamata, ada juga pulau Benteng Oranje, Kota Naka, serta Talagame Gam Lamo dan ada juga wisata pantainya nan indah serta danau di bawah gunung gamalama.

3.Cirebon

detik.com

Cirebon adalah salah satu kota yang sangat bagus untuk destinasi wisata, kota ini terletak di peseisir utara pantai jawa dan berbatasan langsung dengn jawa tengah.Di kota ini dulunya terdapat sebuah kesultanan yang bernama Cirebon dan sampai saat ini masih ada keratonnya dan rajanya.Saat ini di buka untuk wisata .Jika anda berkunjung ke cirebon anda bisa pergi ke 3 tempat yang bersejarah yakni Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan.

Selain itu cirebon juga terkenal akan batiknya.Di sana juga banyak bangunan bangunan era kolonial seperti gedung, stasiun dan Bank Indonesia era belanda.

4.Surakarta
detik.com


Kota yang lebih di kenal dengan Solo ini wajub di kunjungi jika anda suka wisata yang mengandung sejarah.Kota ini sangat kental dengan budaya jawa dan adat jawa .Solo dulunya adalah sebuah kesultanan yakni kesultanan surakarta tak heran sampai saat ii masih ada kraton solo dan beberapa peninggalam lainnya yang bersejarah seprti pusaka pusaka kesultanan.Di solo kita bisa melihat kokohnya benteng Vastenburg, benteng ini di gunakan belanda untuk mengawasi kerataon.Di sisni juga ada satu museum yakni Museum Radya Pustaka yang merupakan museum tertua di Indonesia.

5.Jogjakarta


Sebagai slah satu destinasi wisata yang lumayan populer hingga macam negara jogjakarta menawarkan beerbagai wisata mulai dari pantai dan beberapa tempat bersejarah seperti keraton jogja.Kota ini dulu juga menjadi ibokota Indonesia di era agresi belanda karena jakarta di kepung belanda.Tak heran kota ini sangat bersejarah selain karena adat istiadat mataram yang menempel erat hingga sekarang di sisni juga terkenalsebagai kota seniman, tak heran jika di sisni anda akan banyak menemui seniman jalanan yamg sangat kreatif.Selain kraton kita juga bisa mengunjungi candi prambanan dan Istana Ratu Boko dan Tugu Jogja.

Nah di atas adalah 5 destinasi wisata sejarah yang patut anda kunjungi saat liburan.Selain menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah juga sangat damai tenang seakan anda berada di masa itu.Nah silahkan plih destinasi yang cocok buat Anda berlibur agustusan Ini.Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.