6 Cara Ampuh Atasi Nyeri Di Kaki

Nyeri di telapak kaki membuat rasa tidak nyaman saat berjalan, hal tersebut tersbut disebabkan berbagai faktor. Salah satunya yaitu kondisi dari kaki memang sudah terlalu lelah. Meskipun tidak berbahaya, nyeri pada telapak kaki sebaiknya jangan dianggap sepele.

Banyak dari orang yang mengalami nyeri pada telapak kaki disebabkan karena mengenakan sepatu hak tinggi, alas kaki yang kurang baik, olahraga yang menekan kaki. Namun tidak hanya itu saja, seperti berat badan yang berlebihan, radang persendian, diabetes, asam urat, keseleo atau bunion (benjolan pada tulang sendi di jempol kaki yang juga bisa memicu nyeri pada telapak kaki.

Untuk meredakan rasa nyeri tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dirumah, seperti yang dikutip dari detik.com (05/05/2016) dan hellosehat.com (20/01/2017).

1. Rendam Kaki dengan Air Hangat

Dengan merendam kaki dalam air hangat merupakan salah satu cara trdisional yang bisa Anda lakukan. Air hangat akan membantu melancarkan peradaran darah disekitar telapak kaki, sehingga rasa nyeri dan pegal akan mereda. Cara yaitu tuang air hangat pada wadah, rendam kaki dan tekan-tekan pada telapak kaki dengan ujung jari.

2. Pakai Batu Es

Kompres dengan es batu (m.medicastore.com)
Bila tumit terasa sangat pegal, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengatasinya. Cara ini sudah diterapkan dari dulu untuk membantu mengatasi nyeri. Es batu akan memberikan efek mati rasa sehingga bisa menenangkan nyeri pada tumit. Caranya yaitu, ambil es batu secukupnya, taruh di plastik bening. Lalu tempelkan ke telapak kaki yang nyeri. Berikan tekanan di area tumit hingga pegal mereda.

3. Pijat


Bila Anda tidak mau repot-repot, Anda bisa mencoba memijat telapak kaki secara berulang-ulang. Siapkan minyak zaitun, kemudian balurkan sedikit diatas telapak kaki. Lalu pijatlah dengan perlahan dan sedikit ditekan pada area tumit. Tekan-tekan memakai ujung jari Anda supaya otot mengendur dan melancarkan sirkulasi darah.

4. Peregangan

Dengan cara menyilangkan kaki Anda di atas lutut yang berlawanan. Tarik jari kaki Anda dengan perlahan ke Arah Anda, hal ini berguna untuk meregangkan plantar fasia. Tahan hingga 10 detik saat menarik kaki Anda sejauh sebisanya. Lakukan pergangan dengan kaki yang lain, dan lakukan seperti ini pada masing-masing kaki sebanyak 20 kali.

5. Berbaring dan tinggikan kaki

Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi dari badan, hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan. Anda juga harus mengurangi aktivitas berat penggunaan kaki seperti joging ataupun berjalan lama. Bila rasa nyeri begitu hebat, maka disarankan memakai perban kompres.

6. Air Garam

Renda kaki dengan air garam (log.viva.co.id)
Cara yang terakhir untuk menghilangkan rasa nyeri dan pegal yaitu dengan merendam kaki memakai air garam. Garam mengandung krital sulfat yang mampu mengatasi rasa sakit atau peradangan. Cara ini merupakan car yang ampuh untuk mengatasi rasa pegal setelah seharian berpergian.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi telapak kaki yang terasa nyeri. Bila nyeri tak kunjung sembuh atau terlalu sering nyeri, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan pertolongan yang lebih serius.

Jangan lupa untuk share informasi ini ya sobat,
Dari Sahabatmu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.