7 cara terbukti ampuh menghilangkan bau badan

“Aduh, si anu badannya tuh, bauuuu banget! Nggak tahan deh dekat-dekat sama anu, bawaannya ingin muntah.”


Mungkin perkataan ini secara tidak sadar sering Anda ucapkan. Namun, bisa jadi, Andalah si anu itu. Jika ternyata benar, kita pasti akan mengalami krisis percaya diri yang parah.

Berdasarkan penelitian terhadap mahasiswa di Liverpool University, yang dilansir dari realmenrealstyle.com (retrieved 13/8/2017), menunjukkan bahwa bau badan ternyata berpengaruh besar terhadap perasaan confidence, daya tarik diri, dan daya tarik lawan jenis. Sejumlah mahasiswa merasa bahwa mereka minder dan merasa tidak menarik karena memiliki bau badan yang tak sedap.

Bau badan tak sedap, menurut situs medicalnewstoday.com (15/2/2017), kadang juga disebut sebagai bromhidrosis, osmidrosis atau ozochrotia. Penyebabnya karena aktivitas bakteri yang memecah protein menjadi zat asam tertentu, biasanya asam propionat dan asam isovalerat.

Biasanya, bau tersebut mulai muncul saat seseorang mengalami masa pubertas, dan meningkat jika seseorang mengalami masalah obesitas atau kegemukan. Orang yang mengalami hiperhidrosis atau memiliki banyak keringat, menurut situs tersebut juga rentan terkena bau badan. Namun, bau tersebut sebenarnya bukan karena keringat, namun karena aktivitas bakteri tertentu.

Bagaimana gan mengatasi bau badan?

Gunakan beberapa treatment berikut ini.

1. Rajin mandi dan membersihkan badan adalah cara paling klasik, namun ampuh. Dengan mandi dan menggunakan sabun, kotoran yang menjadi media perkembang biakan bakteri akan rontok dan hilang. Normalnya, mandi sehari 2 kali. Jika kita termasuk gemuk dan banyak keringat, bisa 3 kali.

2. Gunakan deodoran secara rutin, terutama di daerah-daerah yang sering menjadi sumber bau badan, seperti ketiak.

3. Jangan lupa, gunakan pewangi saat mencuci pakaian, menyeterika dan juga tempatkan di almari pakaian. Pakaian yang berbau harum, akan membantu menepis aroma tak sedap dari badan.

4. Makanlah lebih banyak sayur dan buah yang mengandung flavonoid, sebab senyawa ini memiliki aktivitas antibakteri yang kuat, sehingga bisa membunuh bakteri pada tubuh kita, termasuk bakteri penyebab bau badan. Flavonoid terdiri dari antosianin, flavonol, dan flavon. Antosianin memiliki ciri khas yang mudah dideteksi, yaitu buah atau sayur yang berwarna antara merah, unggu hingga biru. Sebut saja bayam merah, anggur, keluarga berry (stroberi, bluberi, arbei dan semua jenis berry), buah naga, ubi jalar ungu, kersen/talok, apel, manggis dan sebagainya. Namun, umumnya, mayoritas sayur dan buah memiliki kandungan flavonoid yang kuat.

5. Minuman kunir asem (kunyit asam) juga terbukti ampuh mengatasi bau badan. Saat ini, bubuk kunyit sudah banyak dijual di pasar, tinggal kita seduh dengan air panas dan ditambahkan dengan gula atau madu, lalu minumlah secara rutin sehari dua kali, pagi dan sore. Minuman ini juga terbukti membuat badan menjadi lebih langsing.

6. Daun kemangi, baik dipakai sebagai lalapan maupun sebagai bahan pembuat berbagai jenis makanan tak sekadar menghadirkan kelezatan. Nenek moyang kita sudah lama memanfaatkan daun ini sebagai pengusir bau badan. Namun, lebih dari itu, daun kemangi juga bisa menangkal senyawa radikal bebas penyebab kanker.

7. Jahe dan keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae) seperti lengkuas, temulawak, temu ireng dan temu kunci juga mampu mengusir bau badan, karena aktivitas antibakteri yang dimiliki. Sama seperti kunyit, sekarang bubuk jahe-jahean sudah banyak dijual di pasaran, dan kita manfaatkan sebagai minuman.

Itulah 7 cara yang terbukti ampuh menghilangkan bau badan. Selamat mencoba dan mari ucapkan, “bye-bye, Be-Be!”

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.