Cara ampuh usir nyamuk menggunakan bahan alami

Serangga kecil dan menyebalkan ini merupakan salah satu pengganggu saat dirumah. Selain mengganggu nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Ada baiknya Anda perlu memperhatikan cara dan bahan alami untuk mengusir nyamuk dirumah.

Menggunakan obat anti nyamuk yang mengandung bahan-bahan kimia tentunya akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Di zaman sekarang ini sudah banyak teknologi elektronik yang diciptakan untuk mengusir nyamuk. Namun ada juga beberapa cara alami yang cukup efektif dalam membasmi nyamuk. Berikut beberapa cara alami yang bisa mengusir nyamuk dari rumah.

1. Kemangi

Daun kemangi (merdeka.com)
Daun yang satu ini biasanya digunakan sebagai lalapan atau penyedap makanan. Selain menyehatkan, ada kandungan vitamin di dalamnya. Kemangi ternyata ampuh dalam mengusir nyamuk. Kandungan senyawa yang alami dan berbau menyengat membuat nyamuk tidak suka, dikutip dari merdeka.com (13/07/2014).

2. Serai

Batang serai (hipwee.com)
Selain digunakan untuk bumbu masakan, serai juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya cuma sediakan beberapa batang serai saja, lalu potong tipis-tipis. Taruh dalam sebuah wadah terbuka dan letakkan di bawah tempat tidur atau daerah yang banyak nyamuknya. Semakin kering batang serainya semakin berkhasiat untuk mengusir nyamuk dari rumah.


3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih (hipwee.com)
Anda juga bisa memakai minyak kayu putih untuk mengusir nyamuk. Caranya dengan menambahkan sedikit air dengan minyak kayu putih, lalu semprotkan ke semua ruang rumah. Cara ini terbukti cukup efektif dalam mengusir nyamuk, soalnya nyamuk tidak suka dengan aroma minyak kayu putih.

4. Bawang putih

Bawang putih (hipwee.com)
Bawang putih merupakan salah satu obat alami yang bisa membunuh nyamuk dan mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan oleh serangga ini. Mungkin Anda tidak menyukai aroma bawang putih, karena aromanyalah membuat nyamuk juga tidak suka. Caranya yaitu: potong kecil-kecil beberapa bawang putih, kemudian rebus dalam air mendidih. Angkat dan diamkan hingga dingin, setelah dingin masukkan air rebusan tadi beserta bawang putihnya ke dalam botoh semprotan. Semprotkan ke seluruh ruangan rumah Anda, dikutip dari sehatmerah.com (19/01/2016).

5. Kulit jeruk

Kulit jeruk kering (hipwee.com)
Dari dulu kulit jeruk memang sudah dikenal sebagai bahan alami yang bisa mengusir nyamuk. Caranya dengan menaruh kulit jeruk yang sudah kering pada ruangan rumah Anda. Dengan begitu, nyamuk tidak berani berada disekitarnya.

6. Minyak lavender dan ragi

Minyak lavender (life.viva.co.id)
Membuat obat alami dari lavender dan ragi bisa Anda coba dirumah. Caranya: Siapkan minyak lavender secukupnya, lalu larutkan minyak lavender dan tambahkan air sekitar 10% dari minyak lavender dan juga tambahkan ragi secukupnya. Aduk-aduk sampai larut menjadi cairan. Taruh pada kamar Anda atau ruangan lainnya.

7. Minyak kayu putih dan lemon

Minyak kayu putih dan lemon (atsirich.com)
Minyak kayu putih dan air lemon obat alami pengusir nyamuk yang direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control). Lemon dan minyak kayu putih terkandung zat aktif yang mempunyai sifat antiseptik yang bisa menolak serangga saat diterapkan pada kulit. Anda bisa mencobanya dengan cara : mencampurkan minyak kayu putih dengan beberapa tetesan air lemon dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada tangan, kaki, leher Anda.

8. Memanfaatkan botol bekas sebagai perangkap nyamuk

Perangkap nyamuk dari botol bekas (hipwee.com)
Seperti yang dilansir dari hipwee.com berikut cara membuat perangkap nyamuk dari botol bekas:

Potong bagian atas botol ukuran 1,5 liter (bagian yang melengkung).
Siapkan 50 gram gula dan tambahkan air hangat 200 ml.
Tunggu hingga air dingin, lalu tambahkan 1 gram gula lagi. Jangan diaduk.
Pasang kembali bagian atas botol secara terbalik
Tutup dengan koran atau kertas bekas, tutupi sisi-sisi botol tanpa menutup bagian atasnya.
Tunggu hingga nyamuk akan datang dengan sendirinya.

Selanjutnya, terserah mau kamu apakan nyamuk-nyamuk yang sudah terperangkap.
Nah, iyulah beberapa cara alami untuk mengusir nyamuk dari rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa di share ya gan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.