5 Cara Mudah Mengetahui HP Samsung M20 Asli atau Palsu


Biasanya setiap pabrikan samsung mengeluarkan HP edisi terbaru dalam satu bulan saja sudah mulai beredar HP palsu atau disebut juga replika. Persis terjadi saat Samsung M20 baru saja rilis, beberapa pekan kemudian replikasnya mulai bermunculan. Produk tiruan ini ada yang sangat mirip dengan aslinya, sehingga Anda susah untuk membedakannya. Ada juga yang hanya meniru bagian luarnya saja.



Cara Mudah Mengetahui HP Samsung M20 Asli atau Palsu

Di Indonesia, HP bajakan mudah sekali berdebar bahkan penggunanya pun tidak sedikit. Pengguna HP replika tidak hanya ada di kota, ke pelosok desa pun sudah menyebar luas. Hal seperti ini tentunya sangat berbahaya bagi Anda karena tidak bisa membedakan HP Samsung yang asli dengan yang palsu. Maka dari itu, simak uraian di bawah ini agar Anda bisa segera mengetahuinya.

  1. Cek Tampilan Luar
Tombol menu pada HP samsung palsu akan terlihat tidak seimbang, sedangkan untuk yang asli tombol menunya tepat berada di tengah-tengah. Layar samsung yang asli juga terlihat lebih kontras. Untuk HP samsung yang palsu terlihat lebih meregang antara tepian ponsel dengan layarnya. Kalau Anda teliti dengan hal tersebut pasti segera menyadarinya dengan cepat bahwa HP itu asli atau palsu.

  1. Kode Khusus
Terdapat satu kode rahasia khusus pabrikan samsung dengan tipe tertentu yang bisa Anda cek melalui layar HP Anda. Salah satu kode itu adalah IMEI yang bisa Anda cari tahu dengan menekan kode *#06#. Dengan memasukkan kode tersebut maka kode IMEI akan muncul di depan layar HP Anda. Selanjutnya, Anda cocokkan nomor IMEI tersebut dengan yang ada di dusbook. Apabila nomornya sama, maka sudah bisa dipastikan HP Samsung Anda asli.

  1. Samsung Kies
Keaslian HP Samsung M20 juga bisa Anda cek melalui software resmi samsung yang berfungsi untuk menghubungkan HP atau tablet ke komputer. Software itu bernama Samsung Kies. Selanjutnya instal Samsung Kies pada laptop Anda dan sambungkan HP ke komputer menggunakan kabel data. Apabila Samsung Kies bisa mendeteksi HP Anda, maka bisa dipastikan samsung Anda asli. Sebaliknya, apabila Samsung Kies tidak bisa mendeteksi HP Anda maka samsung Anda palsu.

  1. Kecepatan Internet dan Hang
Berdasarkan pengalaman pengguna HP replika, cara mengecek keaslian HP dapat Anda lakukan dengan memantau kecepatan internetnya. Cara yang paling mudah ialah dengan mengalihkan penggunaan data seluler ke Wifi. Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa kecepatan internet provider dan Wifi berbeda kecepatannya. Apabila HP Anda menggunakan Wifi tapi tetap lemot, artinya HP samsung Anda palsu. Selain itu, kalau tiba-tiba nge-hang menandakan HP Samsung Anda palsu.

  1. Membandingkan Spesifikasi
Spesifikasi HP sangat berperan penting dalam mengecek keaslian HP Samsung Anda. Misalnya Samsung M20 menawarkan spesifikasi RAM sebesar sebesar 16 GB. Kemudian ketika Anda mencoba mendownload aplikasi baru malah ada pemberitahuan kapasitas penyimpanan tidak cukup. Katanya RAM-nya besar tapi kok udah penuh lagi? Nah, sudah bisa dipastikan ya kalau HP Anda palsu.

Nah, demikianlah beberapa cara membedakan HP Samsung M20 yang asli atau palsu. Mengingat semakin maraknya penyebaran HP replika atau tiruan, maka Anda harus lebih teliti dan berhati-hati saat membeli HP. Mungkin akan lebih baik apabila Anda datang secara langsung ke gerai resminya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.