4 Macam Kuliner di Pangandaran yang Menjadi Favorit Wisatawan


Kuliner di Pangandaran menjadi salah satu aspek yang menarik perhatian dari para wisatawan di ujung timur provinsi Jawa Barat ini. Selain mempunyai segudang keindahan alam dan juga pesona wisata lainnya, wilayah yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Ciamis ini juga mempunyai beragam kuliner yang dapat memanjakan lidah para wisatawan.



4 Kuliner di Pangandaran yang Harus Anda Coba Saat Berkunjung
Pangandaran dikenal sebagai salah satu daerah yang diapit oleh beberapa gunung dan juga pantai. Dengan pesona alam tersebut, tentunya menjadikan Pangandaran sebagai salah satu destinasi wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Tidak hanya itu, Pangandaran kini juga telah menjadi destinasi favorit di Indonesia untuk menghabiskan liburan panjang.

Selain karena mempunyai segudang wisata, Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner di Pangandaran. Apalagi harga yang ditawarkan juga relative cukup murah, sehingga tidak terlalu menguras kantong para wisatawan. Seperti dilansir oleh harapanrakyat.com, dibawah ini ada 4 kuliner favorit wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran, antara lain.

1.     Sate Galunggung
Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia yang belum pernah berkunjung tentunya masih sangat asing dengan nama makanan yang satu ini. Sate galunggung sendiri adalah salah satu kuliner yang sangat terkenal sejak dulu di Pangandaran. Sate galunggung menawarkan beberapa jenis daging untuk dibakar, seperti ayam ataupun ikan. Sebelum disajikan kepada konsumen, satu galunggung dibalut terlebih dahulu dengan beberapa rempah-rempah khas Pangandaran, sehingga dapat mengundang rasa lapar.

Sebelum dibakar, daging dari sate galunggung sendiri dimasak terlebih dahulu untuk menciptakan tekstur yang empuk. Dengan ditambahkan sambal kecap dan juga bumbu kacang, sate ini akan sangat nikmati bila dipadukan dengan lontong ataupun nasi.

Salah satu warung sate galunggung yang sudah terkenal sejak dulu adalah RM Sate Galunggung yang berada di Jalan Pananjung. Warung ini juga dikabarkan sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Selain itu, warung ini juga mempunyai bumbu rahasia yang sangat khas, sehingga menghasilkan sate galunggung yang nikmat.

2.     Seafood atau Kuliner Khas Laut Pangandaran.
Seperti yang diketahui, Pangandaran merupakan wilayah yang bersebelahan dengan laut, sehingga sebagian besar masyarakatnya merupakan nelayan. Dengan demikian, Anda bisa menikmati sajian seafood yang masih segar dan baru saja ditangkap. Seafood sendiri merupakan salah satu kuliner di Pangandaran yang patut Anda cobajika berkunjung. Pasalnya, Anda bisa menikmati makanan tersebut dengan berbagai macam jenis olahan, mulai dari yang diolah secara tradisional, maupun secara modern layaknya makanan khas barat.

Disini Anda bisa menikmati berbagai macam hasil laut dengan olahan menarik, seperti kepiting saospadang, ikan bakar, cumi tepung, udang saos tiram, cumi kering cabe, tiram telur asia dan masih banyak lagi. Ada beberapa tempat makan rekomendasi yang menghindangkanseafood tersebut, yaitu RM Berkah Seafood dan juga RM Sari Laut Rasa Sayang.

3.     Soto Pangandaran
Sama seperti soto pada umumnya yang ada di Indonesia, sotoPangandaran juga menggunakan bahan seperti potongan daging ayam, bawang goreng, kacang, bihun dan juga beberapa toge. Setelah diracik sedemikian rupa dan diletakkan pada wadah mangkok, kemudian soto tersebut disiram dengan kuah khas yang membuatnya sangat nikmati.

Yang membedakan antara sotoPangandaran dengan soto pada umumnya terletak pada kerupuknya yang berwarna merah muda.  Kerupuk ini dibuat dari olahan ikan tuna yang berkualitas. Salah satu watungsotoPangandaran yang sangat favorit terletak di Jalan Pananjung 412 dengan nama WatungSotoJarkomi.

4.     Dawet Dawala Hitam Khas Pangandaran.
Salah satu jeniskuliner di Pangandaran patut Anda coba jika berkunjung. Pasalnya, dawetdawala hitam berbeda dengan dawet pada umumnya yang lebih terkenal di daerah jawa tengah. Dawet khas Pangandaran ini terbuat dari ketan hitam yang merupakan olahan dari serbuk abu pembakaran batang padi. Untuk menambah kenikmatan dawet, maka tidak lupa ditambahkan gula aren, serutan es dan juga santan kental.

Itulah 4 macam kuliner di Pangandaran yang wajib Anda coba saat berkunjung. Selain karena nikmat, 4 kuliner tersebut juga merupakan kuliner khas yang hanya dapat dijumpai di Pangandaran.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.