Pahami Perbedaan Print Kain Dengan Metode Sublime dan Offset


Industri konveksi semakin berkembang terus menerus, mengikuti perkembangan teknologi di dunia. saat ini kemunculan kain printing semakin membuat industri ini berkembang dengan baik. karena motif kain semakin beragam. Bahkan banyak desainer yang membuat kain dengan motif buatan sendiri supaya lebih eksklusif. Metode printing pun banyak sekali. Yang paling popular adalah metode sublime dan offsite. Buat anda yang ingin terjun ke dunia ini, harus tahu perbedaan print kain dengan metode sublime dan offsite ini. untuk lebih jelasnya kita akan bahas dibawah ini.

Mesin Yang Digunakan
Kedua metode printing ini menggunakan jenis mesin yang berbeda. Pada teknik printing offset menggunakan film atau plat, yang mirip dengan sablon manual. Untuk membuat film atau plat ini membutuhkan biaya yang mahal, tapi bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sedangkan teknik printing sublim menggunakan file berbentuk digital. Ini akan membuat proses cetak lebih mudah dan hemat waktu. Proses cetaknya ini hampir sama dengan mencetak foto, tapi tidak membutuhkan film untuk proses cetaknya.
Banyaknya Minimal Order
Jika menggunakan metode offset, anda tidak bisa memesan satu gambar. Karena untuk mencetak satu gambar minimum kuantitynya sebanyak 1000 pcs. Masalah ini berhubungan dengan plat offset yang digunakan untuk proses cetak dan memiliki harga tinggi. Jika jumlah ordernya rendah, harga produksi semakin mahal dan biaya yang dibayar oleh pemesan juga lebih mahal. Sedangkan metode sublim, tidak memiliki batasan cetak desain. Mau pesan satu pasang atau lebih dari satu pun harganya tetap sama. jika ingin mencetak satu gambar dalam jumlah banyak bisa menggunakan metode offset. Tapi bila pilihan gambarnya banyak, lebih baik menggunakan metode sublime.
Ketajaman Hasil Cetak
Metode offset ketajaman hasil cetaknya jauh dibawah metode sublim. Pada metode sublime, gambar yang tercetak pada kain terlihat lebih jelas dan tajam. warna yang dimunculkan juga lebih cerah dan menarik. Pada metode offset, hasil cetaknya terlihat lebih gelap dan lebih soft. Ketajamannya juga tidak begitu bagus. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan gambar yang anda inginkan.
Produk Yang Dicetak
Metode offset sangat bagus untuk produksi kaos partai dalam jumlah besar. ini akan membuat harga produksinya semakin murah. Jika menggunakan metode sublime, biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Tapi jika digunakan untuk produksi fashion yang eksklusif dalam jumlah terbatas, metode sublime bisa menjadi pilihan yang tepat. karena hasilnya lebih bagus dan berkualitas. Anda juga bisa mencetak gambar dalam jumlah banyak.
Kualitas Tinta
Perbedaan kedua metode ini juga bisa dilihat dari kualitas tintanya. Untuk metode offset, memiliki kualitas tinta yang lebih rendah dibandingkan metode sublimasi. Karena harus memproduksi dalam jumlah banyak. selain itu hasilnya pun kurang cerah seperti metode sublimasi. Sedangkan metode sublimasi menggunakan tinta khusus sublimasi. Yang bisa memberikan hasil cetakan tajam, cerah dan berkualitas. Ini akan membuat hasil cetakan di kain semakin bagus.
Harga Produksi
Jika dilihat dari penjelasan diatas, tentunya harga produk metode sublimasi lebih mahal dibandingkan metode offset. seperti kata pepatah yang mengatakan ada harga, ada kualitas. Semakin mahal barang yang anda beli, semakin baik pula kualitasnya.
Dengan memahami perbedaan diatas, anda lebih tahu metode apa yang harus digunakan. Sehingga print kain yang anda lakukan lebih maksimal hasilnya. Sekian infromasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.