Langkah Mudah Custom Sepatu Selop Dengan Desain Sendiri

Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa custom sepatu selop karena cukup menarik minat masyarakat. Custom sepatu dapat dilakukan dengan cara print menggunakan mesin agar lebih rapi namun sebenarnya anda juga bisa desain sendiri menggunakan cat warna dan pastinya bisa dikerjakan sendiri di rumah.



Cara Custom Sepatu Selop Sendiri

1.    Siapkan peralatan yang diperlukan

Sebelum menggambar, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu untuk melukis sepatu.

·    Siapkan sepatu berbahan kanvas dengan model sesuai keinginan. Jika memilih sepatu tali maka pastikan untuk melepas tali terlebih dahulu. Bagi pemula, sebaiknya menggunakan desain sepatu slip on polos tanpa tali agar lebih mudah menggambar.
·    Cat akrilik sesuai warna yang diinginkan. Anda bisa membeli warna dasar seperti hitam, putih, cokelat, kuning, biru, dan merah sebagai permulaan karena warna tersebut bisa dicampur dan menghasilkan warna lain. Ini juga akan lebih menghemat biaya.
·    Kuas untuk menggambar dalam berbagai ukuran. Pilih kuas kecil jika anda menginginkan gambar yang lebih detail dan banyak. Sebaiknya menggunakan kuas berbahas nylon untuk memudahkan anda melukis.
·    Kertas koran bekas untuk meletakkan sepatu dan cat agar tidak mengenai lantai dan memudahkan pembersihan.
·    Palet cat untuk meletakkan cat dan mencampur cat.
·    Spidol hitam untuk finishing. Pilih spidol yang memiliki ujung lancip agar hasil lebih rapi.

2.    Mengecat sepatu dengan warna dasar

Langkah custom sepatu yang kedua yaitu mengecat sepatu dengan warna dasar. Agar hasil akhir cat terlihat lebih rapi dan bagus, sebaiknya anda membuat warna dasar terlebih dahulu. Apabila menggunakan sepatu warna putih, anda bisa menggunakan sedikit thinner agar hasil akhir lukisan tidak retak dan tahan lama.

Sepatu warna hitam membutuhkan banyak cat dasar agar hasil lukisan menjadi halus dan juga mempermudah saat melukis namun gunakan secukupnya saja agar lukisan tidak retak. Buatlah sketsa terlebih dahulu menggunakan pensil namun jangan terlalu ditekan agar tidak terlalu kelihatan pada sepatu warna cerah.

Anda bisa mencampurkan warna putih dan coklat untuk warna dasar kemudian oleskan pada sepatu hingga permukaan sepatu menjadi halus. Pastikan agar permukaan halus secara merata namun jangan menggunakan cat terlalu banyak karena hasil lukisan bisa saja retak. Hasil lukisan yang halus akan membuat sepatu terlihat lebih bagus.

3.    Mulai melukis

Tunggu hingga cat dasar kering dan anda bisa mulai melukis. Apabila lukisan yang ingin dibuat cukup rumit, anda bisa membuat sketsa terlebih dahulu di atas cat dasar menggunakan pensil atau bisa juga menggunakan kertas transfer karena anda tinggal mencetak gambar yang sudah ada di atas kertas transfer.

Setelah sketsa selesai, warnai pola yang sudah dibuat menggunakan cat akrilik dengan perlahan dan hati-hati agar tidak melewati garis sketsa yang telah digambar. Biarkan cat warna kering kemudian. Anda juga bisa mencampur cat akrilik dengan air agar lebih halus.

4.    Finishing

Setelah cat warna kering, anda bisa menggambar garis luar pada gambar dengan menggunakan spidol hitam. Garis akan membuat lukisan anda terlihat lebih rapi. Apabila berantakan, tutupi dengan cat kembali dan penuhi bagian sepatu yang kosong sesuai dengan warna cat dasar.

5.    Gunakan varnish

Setelah spidol dan cat sudah kering sepenuhnya, lapisi permukaan sepatu menggunakan varnish. Varnish berfungsi untuk melapisi dan melindungi permukaan sepatu serta membuat warna hasil custom sepatu selop terlihat lebih cerah.

Deskripsi : custom sepatu selop dapat dibuat dengan cara dilukis menggunakan cat dan dikerjakan sendiri di rumah dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.