Mengenal Gejala Dan Informasi Umum Tumor Otak


Gejala-gejala tumor otak dapat bervariasi tergantung pada ukuran, jenis, dan lokasi tumor. tanda dan gejala tumor otak yang paling umum, bersama dengan saran cara untuk mengurangi dampaknya terhadap kehidupan Anda. Pastikan untuk mendiskusikan gejala baru, atau perubahan gejala yang ada, dengan tim kesehatan Anda sesegera mungkin. 



Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang semua gejala Anda dan untuk menjaga tim medis Anda diperbarui tentang bagaimana gejala Anda berubah dari waktu ke waktu. Dokter Anda dapat membantu Anda mengobati gejala dan meminimalkan dampaknya pada kehidupan Anda.

Beberapa kasus, tumor otak tumbuh lambat dan gejalanya berkembang secara bertahap, jadi Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada yang salah pada awalnya. Dalam kasus lain, gejalanya muncul tiba-tiba. Banyak gejala tumor otak lebih mungkin disebabkan oleh faktor lain. Namun, setiap gejala baru, persisten atau memburuk harus dilaporkan ke dokter Anda.

Gejala umum
Gejala tumor otak dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan di tengkorak (tekanan intrakranial). Tekanan dapat meningkat karena tumor itu sendiri mengambil terlalu banyak ruang atau karena menghalangi aliran cairan serebrospinal di sekitar otak. 

Tekanan intrakranial dapat menyebabkan gejala seperti:
  • sakit kepala - seringkali lebih buruk ketika Anda bangun
  • mual dan muntah - seringkali lebih buruk di pagi hari atau setelah mengubah posisi (mis. bergerak dari duduk ke berdiri)
  • kebingungan dan lekas marah
  • penglihatan kabur atau ganda
  • kejang (cocok) - bisa jelas, melibatkan hilangnya kesadaran, atau lebih halus, seperti "zonasi"
  • kelemahan di bagian tubuh
  • kantuk 

     
Gejala-gejala tumor otak tergantung pada ukuran, jenis, dan lokasi tumor. Gejala dapat disebabkan ketika tumor menekan saraf atau membahayakan bagian otak. Juga, mereka mungkin disebabkan ketika tumor memblokir cairan yang mengalir melalui dan di sekitar otak, atau ketika otak membengkak karena penumpukan cairan. Paling sering, gejala-gejala ini bukan karena tumor otak. Masalah kesehatan lain dapat menyebabkan mereka. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus memberi tahu dokter Anda agar masalah dapat didiagnosis dan diobati.

Pengobatan kanker otak

Perawatan utama untuk tumor otak atau sumsum tulang belakang adalah pembedahan, terapi radiasi dan kemoterapi. Ini dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi. Obat-obatan, seperti steroid atau antikonvulsan (obat anti-kejang), dapat diberikan untuk mengurangi gejala. Mungkin juga ada perawatan eksperimental baru atau perbaikan dalam perawatan yang ada. Ini diberikan dalam uji klinis - dokter Anda akan memberi tahu Anda apakah Anda memenuhi syarat untuk bergabung. Lihat uji klinis untuk informasi lebih lanjut.

Tujuan pengobatan mungkin untuk menghilangkan tumor sepenuhnya, memperlambat pertumbuhannya, atau meredakan gejala dengan mengecilkan tumor dan mengurangi pembengkakan. Pilihan perawatan Anda akan tergantung pada:
  • jenis, ukuran, tingkat, lokasi dan susunan genetik tumor
  • usia Anda, riwayat kesehatan dan kondisi kesehatan secara umum
  • jenis gejala yang Anda miliki.

Diagnosis kanker otak

Banyak orang yang didiagnosis dengan tumor otak atau sumsum tulang belakang pertama kali pergi ke dokter umum karena merasa tidak enak badan. Kadang-kadang tumor otak akan ditemukan selama pemindaian untuk sesuatu yang tidak terkait, seperti cedera kepala. Beberapa orang memiliki gejala mendadak (seperti kehilangan kesadaran, sakit kepala parah atau kejang) dan langsung pergi ke departemen darurat rumah sakit.

Dokter akan bertanya tentang gejala dan riwayat kesehatan Anda, dan akan melakukan pemeriksaan fisik. Anda mungkin dirujuk untuk menjalani lebih banyak tes dan pemindaian untuk memastikan diagnosis tumor otak atau sumsum tulang belakang.

Sumber
https://www.abta.org
https://www.cancercouncil.com.au
https://abc2.org
sumber gambar
https://hellosehat.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.