Tanya Dokter Masalah Keputihan Pada Wanita


Keputihan merupakan salah satu masalah yang biasanya oleh sebagian besar wanita. Masalah ini timbul pada organ kewanitaan dan biasanya bukan merupakan hal yang perlu di cemaskan. Akan tetapi masalah keputihan yang dialami juga wanita juga harus diperhatikan dengan baik, karena walaupun tidak berbahaya bisa jadi masalah yang dialami tersebut bisa menjadi pertanda dari sebuah penyakit. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk tanya dokter masalah keputihan yang dialami sehingga bisa untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti misalnya Anda dapat untuk tanya dokter melalui aplikasi Halodoc untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ingin diajukan.



Misalnya saja pertanyaan mengenai keputihan yang masih normal. Dimana masalah keputihan memang banyak dialami oleh wanita dan bukan merupakan hal yang berbahaya. Terutama ketika Anda mengalami keputihan yang masih normal dengan tanda-tanda seperti berikut ini:

  • Tanda keputihan yang normal adalah mempunyai warna yang bening dan juga sedikit putih. Warna pada keputihan ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu di cemaskan oleh wanita yang mengalami keputihan.
  • Tanda selanjutnya adalah ketika teksturnya yang encer dan hanya sedikit kental.
  • Tanda lainnya adalah keputihan yang dirasakan tidak menimbulkan rasa gatal dan juga nyeri.
  • Tanda terakhir adalah ketika wanita mengalami keputihan menjelang menstruasi.

Apabila tanda keputihan yang ditunjukkan masih seperti di atas, maka Anda sebenarnya tidak perlu khawatir. Terutama apabila keputihan yang dirasakan tidak diikuti dengan perasaan yang mengganggu seperti nyeri dan juga gatal yang dirasakan pada daerah kewanitaan. Hal tersebut merupakan tanda keputihan yang normal yang biasanya dialami oleh banyak wanita. Biasanya keputihan sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari efek samping dari penggunaan pil KB, terlalu banyak berolahraga, banyak tekanan atau stress, dan juga bisa terjadi karena rangsangan seksual.

Akan tetapi apabila keputihan yang dialami menunjukkan tanda tidak normal maka sebaiknya segera di periksakan ke dokter. Adapun beberapa tanda keputihan yang tidak normal dan perlu diwaspadai adalah sebagai berikut ini:

  • Tanda pertama adalah ketika mempunyai warna yang tidak putih dan bening. Biasanya warna keputihan yang tidak normal dan perlu dikhawatirkan adalah ketika warnanya kuning, hijau, dan juga keabu-abuan.
  • Tanda selanjutnya juga ketika keputihan yang dialami mempunyai tekstur yang kental dan juga menggumpal.
  • Tanda lainnya adalah ketika keputihan yang dirasakan juga diikuti dengan rasa yang tidak menyenangkan seperti gatal dan nyeri yang mengganggu bahkan juga membuat rasa sakit.
  • Tanda lainnya adalah ketika vagina dan vulva tampak kemerahan dan mengalami bengkak.
  • Tanda terakhir adalah ketika keputihan yang dialami jumlahnya banyak dan juga berbau tidak sedap.

Ketika Anda mengalami keputihan dengan tanda yang tidak wajar seperti yang telah disebutkan, sebaiknya segera untuk periksa ke dokter. Langkah pertama yang bisa dilakukan misalnya dengan berkonsultasi terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc yang mudah untuk digunakan. Dengan bantuan saran dari dokter yang berpengalaman dari aplikasi ini nantinya Anda bisa mendapatkan gambaran mengena masalah keputihan yang dialami.

Selain itu tentunya Anda juga harus segera untuk menindaklanjuti dengan periksa ke dokter atau rumah sakit setelah mendapatkan jawaban dari tanya dokter masalah keputihan lewat aplikasi Halodoc. Karena bisa jadi tanda keputihan tidak normal yang dialami bisa menjadi tanda penyakit yang berbahaya seperti misalnya penyakit infeksi yang terjadi pada vagina, vaginitis, radang panggul, hingga penyakit berbahaya seperti kanker serviks.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.